Ada UU Cipta Kerja, Kemenaker Ajak Anak-anak Muda Berwirausaha

Kompas.com - 15/10/2020, 05:38 WIB
Ilustrasi UMKM makanan dan minuman Dokumentasi Biro Komunikasi KemenparekrafIlustrasi UMKM makanan dan minuman

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mendorong anak-anak muda untuk berwirausaha. Terlebih, di Omnibus Law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja memberikan kemudahan dalam pemberian izin bagi pelaku UMKM.

"Kami optimis dengan disahkannya UU Cipta Kerja maka pengangguran dan kemiskinan cepat teratasi. Kita terus dorong masyarakat menjadi wirausaha di sektor UMKM," kata Staf Ahli Kementerian Ketenagakerjaan Bidang Kebijakan Publik Reyna Usman melalui keterangan resminya, Rabu (14/10/2020).

Lebih lanjut kata dia, Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan badai pengangguran bencana nonalam akibat wabah virus corona atau Covid-19.

 

Baca juga: Mengapa Business Plan Penting untuk Mencapai Kesuksesan Berbisnis?

Tantangan dan permasalahan ketenagakerjaan saat ini adalah pemerintah berusaha mencari solusi penanggulangan badai pengangguran.

Sebanyak 6,9 juta orang merupakan penganggur terbuka, 3,5 juta orang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) dan 3 juta orang angkatan kerja baru memasuki pasar kerja.

"Untuk mengatasi pasar kerja dan pengangguran pemerintah harus memiliki upaya percepatan penanggulangan pengangguran yang dapat segera menggerakkan perekonomian kita," ujarnya.

Baca juga: Gara-gara Ladang Ganja di Aceh, Buwas Terinspirasi Berbisnis Kopi

Selain memberikan pembekalan kewirausahaan Inkubasi Bisnis (Inkubasi Bisnis In Wall), Kemenaker melalui BBPPK Lembang telah menandatangani perjanjian kerja sama kelembagaan dengan Sekolah Menengah Kejuruan dan pesantren.

Reyna mengatakan, kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari upaya Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sebagai inisiatif percepatan penanggulangan pengangguran.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X