Wanita Dituntut "SMART" dalam Mengelola Keuangan, Apa Itu?

Kompas.com - 15/10/2020, 19:05 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Semenjak terjadi pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang mengeluh tentang keuangannya.

Minimnya pemasukan dan tidak adanya tabungan atau investasi, membuat masyarakat harus memutar otak agar bisa memenuhi kebutuhannya. Khususnya untuk kaum wanita, yang memiliki peran sebagai menteri keuangan dalam keluarga.

Perencana keuangan Rista Zwestika mengatakan, penting sekali wanita untuk cerdas dalam mengelola keuangannya. Untuk itu wanita dituntut untuk "SMART" dalam mengelola keuangannya.

"Harus bisa mengelola keuangan kita dengan SMART, karena pendapatan kita bisa berkurang, tapi biaya hidup terus berjalan. Karena itu perencanaan keuangan seperti peta bisa kita pilih untuk membantu kita mencapai tujuan keuangan kita dengan SMART," ujarnya mengutip siaran persnya, Kamis (15/10/2020).

Baca juga: Pemerintah Akan Kembali Lelang Surat Utang Negara Maksimal Rp 40 Triliun

Menurut dia, di masa resesi ini wanita harus lebih ekstra kreatif dan SMART dalam mengelola keuangan. SMART yang dia maksud adalah singkatan dari SpecificMeasurableAchievable, Relevant dan Time-related.

"Untuk Specific, wanita dituntut untuk menetapkan tujuan dengan rinci yang jelas, Measurable membuat tujuan keuangan yang terukur, Achievable harus bisa diwujudkan, Relevant membuat anggaran dan tujuan sudah sesuai serta Time Related membuat tujuan waktu yang lebih jelas," ujarnya.

Selain itu, Rista juga mengatakan apabila keuangan masih belum bisa juga terpenuhi, penting sekali untuk mencari tambahan penghasilan.

Dia pun membeberkan ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan.

Pertama cara vertikal yakni bila seorang wanita bekerja di sebuah perusahaan, maka harus berusaha untuk meningkatkan levelnya. Hal ini dinilai penting sehingga peluang untuk mendapatkan peningkatan imbalan atau gaji pun semakin terbuka lebar.

Baca juga: 3 Penyebab Generasi Milenial Sulit Menabung

Kedua, dengan cara horizontal yaitu mencari penghasilan tambahan dengan berbagai cara seperti memulai bisnis usaha baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.