Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Genjot KPR Subsidi, Gelar Pameran Properti hingga Inovasi

Kompas.com - 16/10/2020, 05:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggenjot penyaluran kredit di sektor perumahan meskipun di tengah pandemi Covid-19 dan resesi ekonomi.

Peluang bagi sektor properti untuk terus tumbuh masih besar, karena sejumlah faktor, antara lain stimulus sektor perumahan berupa peningkatan alokasi KPR Subsidi Rp 1,5 triliun maupun perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih memfokuskan diri kegiatan dari rumah.

"Kemudian, bantuan likuiditas pemerintah untuk penyaluran kredit untuk meningkatkan sektor riil melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih melek digital,” kata Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury saat pembukaan Property Fiesta Virtual Expo 2020 di Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Baca juga: BTN Hadirkan KPR Khusus untuk Anggota TNI

Dengan adanya faktor pendukung tersebut, kata Pahala, perseroan tetap mencatatkan pertumbuhan KPR Subsidi.

Per Agustus 2020, segmen KPR Subsidi membukukan pertumbuhan kredit sebesar 5,65 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Kami terus mengembangkan fitur baru untuk mendorong peningkatan penyerapan KPR subsidi, di antaranya fitur Graduated Payment Mortgage/ GPM untuk KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan atau BP2BT yang baru dirilis beberapa waktu lalu dan berhasil menjaring animo masyarakat,” jelas Pahala.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Consumer and Commercial Lending BTN Hirwandi Gafar menjelaskan, guna mendorong pertumbuhan KPR, BTN tidak hanya melakukan inovasi produk dan progam promo KPR yang menarik, namun juga aktif dalam pemeran properti virtual yang diinisiasi sendiri maupun bekerja sama dengan para pengembang.

Baca juga: Pemerintah Targetkan Salurkan KPR Setara 75.000 Unit Rumah bagi PNS di 2021

"BTN menyambut positif inisiasi DPP REI dalam menyelenggarakan pameran properti secara digital melalui acara yang bertajuk Property Fiesta Virtual Expo 2020, karena pameran ini menyuguhkan berbagai program promosi dan kemudahan membantu masyarakat untuk memiliki hunian yang layak,” sebut Hirwandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com