Agar Bisa Investasi, Alokasikan Gaji ke 3 Hal Ini

Kompas.com - 16/10/2020, 06:54 WIB
Ilustrasi gaji, rupiah, bantuan pemerintah, bantuan karyawan ShutterstockIlustrasi gaji, rupiah, bantuan pemerintah, bantuan karyawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari gajian adalah salah satu hari yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh para pekerja.

Sebab ketika gajian sudah tiba, semua kebutuhan dan keinginan pun bisa terpenuhi, termasuk pula kewajiban yang harus dibayar. 

Namun, semua kebutuhan dan kewajiban itu jangan membuat kamu menjadi lupa untuk berinvestasi karena semua gaji mendadak habis dalam waktu cepat. 

Baca juga: Selalu Menanti-nanti Hari Gajian? Simak 6 Tips Berhemat Ini

Konsultan keuangan Prita Hapsari Ghozie mengatakan, ada cara yang bisa dilakukan agar penghasilan bisa digunakan untuk berinvestasi sembari memenuhi kebutuhan lainnya, yaitu dengan membagi penghasilan menjadi 3 bagian atau 3 alokasi.

"Pertama itu untuk living, lalu kedua untuk playing dan ketiga untuk saving. Ketiga hal ini yang menjadi pokok kebutuhan yang harus Anda alokasikan ketika Anda baru gajian," ujarnya dalam jumpa pers virtual pekan ini. 

Menurut Prita, 3 hal ini juga memiliki jumlah pembagian besaran dana yang berbeda-beda setiap posnya. Untuk pos living, harus dialokasikan sebesar 50 persen dari gaji.

Pos living ini diperuntukkan khusus untuk membiayai kebutuhan utama seperti biaya listrik, biaya air, biaya kos, hingga biaya untuk makan dan minum.

Baca juga: Hindari Stres Keuangan, Terapkan 3 Cara Hemat Ini Sehabis Gajian

Lalu untuk pos playing dialokasikan dana sebesar 20 persen dari gaji untuk biaya belanja barang kesukaan ataupun untuk melakukan berbagai macam hobi. 

Sementara untuk saving, dialokasikan dana sebesar 30 persen dari gaji khusus untuk berinvestasi.

Investasi yang dipilih pun, disebutkan Prita, bergantung pada tujuan keuangan. Apabila tujuan keuangannya untuk jangka panjang, bisa memilih emas sebagai instrumen investasinya.

"Begitupun kalau tujuan investasinya jangka pendek, bisa memilih reksa dana pasar uang. Silakan saja, tapi harus disesuaikan dengan tujuan keuangan kita," jelas dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X