Tak Pasang Target Tinggi, Bank Victoria Proyeksi Kredit Stagnan hingga Akhir 2020

Kompas.com - 16/10/2020, 12:27 WIB
Ilustrasi bank Thinkstockphotos.comIlustrasi bank

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Victoria International Tbk (Bank Victoria) tak berani memasang target tinggi untuk pertumbuhan kredit hingga akhir tahun 2020.

Wakil Direktur Utama Bank Victoria, Rusli mengatakan, perbankan tengah mengalami kondisi sulit lantaran tidak adanya permintaan kredit akibat pandemi Covid-19.

Dia pun memprediksi pertumbuhan kredit Bank Victoria bakal flat hingga akhir tahun ini.

Baca juga: Ada PSBB, Bank Victoria Lakukan Penyesuaian Operasional

"Kredit sampai akhir tahun tentunya pertumbuhannya tidak akan signifikan. Saya rasa pertumbuhan kredit industri perbankan cenderung flat sampai akhir tahun," kata Rusli dalam paparan publik kinerja Bank Victoria secara virtual, Jumat (16/10/2020).

Bahkan menurut Rusli, mempertahankan posisi kredit yang saat ini tercapai sudah cukup bagus. Kondisi sulitnya menyalurkan kredit di masa pandemi secara prudent juga dialami oleh semua bank.

Dia bilang, sulitnya menyalurkan kredit secara prudent terjadi karena kecilnya permintaan kredit industri. Padahal, likuiditas yang digelontorkan oleh Bank Indonesia (BI) sudah cukup signifikan.

"Karena demand-nya tidak ada, bank-bank sulit menyalurkan kredit yang pruden dalam kondisi ini. Bank Victoria juga tidak bisa memberikan tren yang jauh berbeda dari tren industri. Bahkan ada bank yang mengalami negatif growth dari pertumbuhan kredit," ungkapnya.

Baca juga: Andalan Finance Dapat Kredit Rp 100 Miliar dari Bank Victoria

Sebagai informasi,  penyaluran kredit Bank Victoria hingga semester I 2020 telah mencapai Rp 14,6 triliun. Angka ini meningkat 2,3 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Bank BUKU II ini juga masih membubukan laba Rp 8 triliun pada semester I 2020. Rasio CAR sebesar 18,22 persen. Sedangkan rasio kredit macet (non performing loan/NPL) di level 2,73 persen, jauh di bawah batas regulator sebesar 5 persen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X