Ini Tips dari Bos Tokopedia untuk UMKM agar Bertahan Selama Pandemi

Kompas.com - 16/10/2020, 13:31 WIB
Ilustrasi UMKM produksi masker non medis. ShutterstockIlustrasi UMKM produksi masker non medis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 meluluhlantakan hampir semua sektor yang ada di Tanah Air khususnya para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM).

Banyak dari mereka yang mengeluh semenjak mewabahnya pandemi, membuat usaha mereka merasakan penurunan omzet yang signifikan.

Co-Founder & CEO Tokopedia William Tanuwidjaya mengatakan saat ini waktunya bagi UMKM-nya untuk berani memulai mengembangkan bisnisnya kembali.

Sebab, dengan adanya kemauan, rasa berani dan mental yang kuat dalam berbisnis, hal apapun yang bakal terjadi akan bisa terlampaui, khususnya di tengah krisis pandemi.

Baca juga: Ketentuan Pajak UMKM Akan Dirombak

"Kami selalu mendorong para mitra UMKM kami untuk selalu berani memulai walaupun ada pandemi. Mulai saja dulu, sama seperti kampanye kami," ujarnya dalam diskusi webinar Katadata, Jumat (16/10/2020).

Menurut dia, saat ini banyak sekali anak muda yang memiliki banyak ide bisnis dan rencana yang brilian. Namun karena tidak memiliki keberanian untuk melangkah, ide atau rencana tersebut pun hanya sebatas mimpi karena tidak berani mewujudkannya.

Setelah memulai bisnis, usaha yang dijalankan pun pasti akan berkembang dan selama prosesnya, kata dia, pasti akan mengalami up and down atau jatuh bangun.

 

Baca juga: Lewat Pameran, 18 UMKM Dapat Pembiayaan Rp 4,71 Miliar

Namun yang menentukan pengusaha atau UMKM akan berhasil atau tidak dalam mengembangkan bisnisnya, dilihat dari optimisme mereka untuk bangkit dari keterpurukan.

"Di situ penentuannya, mereka yang berhasil di titik sekarang ini adalah mereka yang berhasil bangkit lagi," ungkapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X