Pengusaha Mal Beberkan Tantangan yang Dihadapi Selama Pandemi

Kompas.com - 16/10/2020, 16:32 WIB
Mall Festival CityLink Bandung, Jawa Barat. Dok. Mall Festival CityLink BandungMall Festival CityLink Bandung, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengungkapkan sejumlah tantangan yang dihadapi pengusaha mal sepanjang masa pandemi. Kerugian terus dialami setelah Covid-19 masuk ke Indonesia pada Maret 2020 lalu.

Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja mengatakan, pandemi membuat sejarah baru bagi industri ritel modern di Indonesia, sebab pusat perbelanjaan (mal) mengalami penutupan hingga 3 bulan.

Ini seiring dengan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dilakukan pemerintah guna menekan transmisi virus.

Baca juga: PHRI Sebut 200.000 Pegawai Restoran yang Bekerja di Mal Dirumahkan

"Belum pernah pusat perbelanjaan tutup 3 bulan, dan dari April-Juni itu tutup total, ada yang buka memang tapi hanya terbatas untuk supermarket dan farmasi. Ini sejarah, 3 bulan tutup," ujar Alphonzus dalam webinar MarkPlus Industry Roundtable: Retail Perspective, Jumat (16/10/2020).

Ia menjelaskan, sekalipun pemerintah telah kembali mengizinkan mal beroperasi dengan penerapan protokol kesehatan, namun tetap saja sektor ini belum bisa pulih. Tekanan terus terjadi disepanjang pandemi, mulai dari daya beli hingga penurunan tingkat kunjungan.

Baca juga: Perilaku Masyarakat Berubah, Pengelola Mal Harus Berinovasi

Alphonzus mengungkapkan, kehati-hatian terhadap Covid-19 sangat tinggi terjadi pada masyarakat kelas menengah ke atas, membuat tingkat kunjungan ke mal pun sangat rendah. Padahal masyarakat kelas ini yang daya belinya cukup terjaga saat pandemi.

Di sisi lain, masyarakat kelas menengah ke bawah memiliki tingkat kehati-hatian yang lebih rendah terhadap Covid-19, sehingga kunjungan ke mall memang cukup tinggi. Namun, masyarakat kelas ini memiliki kemampuan daya beli yang cukup lemah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X