Di Tengah Pandemi, Freeport Maksimalkan Kapasitas SDM yang Ada

Kompas.com - 16/10/2020, 18:19 WIB
Para pekerja di PT Freeport Indonesia (PTFI) sedang mengecek kondisi kendaraan khusus tambang Dok. Humas PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM Para pekerja di PT Freeport Indonesia (PTFI) sedang mengecek kondisi kendaraan khusus tambang

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia. Perusahaan yang beroperasi di Papua itu terkenal dengan gaji karyawan-nya yang tinggi.

Lantas, apakah di tengah pandemi Covid-19, Freeport akan membuka lowongan kerja?

Presiden Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas menjelaskan, saat ini hasil produksi tambang perseroan belum mencapai kapasitas normal.

Baca juga: Sebut Smelter Tak Menguntungkan, Freeport Tegaskan Tetap Lanjutkan Pembangunannya

Dengan masih dikembangkannya tambang bawah tanah dan tambang terbuka Grasberg sudah berhenti beroperasi, kapasitas produksi saat ini baru mencapai 60 persen kapasitas normal.

“Tahun depan akan meningkat 80 sampai dengan 90 persen. Tahun 2022 baru kembali ke kapasitas produksi normal,” ujar Tony dalam diskusi virtual bersama Harian Kompas, dikutip Jumat (16/10/2020).

Oleh karenanya, dengan masih rendahnya kapasitas produksi tersebut, Tony mengaku saat ini pihaknya masih memiliki sumber daya manusia yang cukup.

“Total karyawan kita sekitar 29.000, dan itu terdiri dari karyawan langsung maupun kontraktor,” ujarnya.

Baca juga: Tambang Bekas Freeport Akan Diserahkan ke Antam, Ini Pendapat Ahli Pertambangan

Selain itu, dengan masih merebaknya pandemi Covid-19, Freeport dipastikan masih belum akan membuka lowongan pekerjaan.

“Apabila kita butuhkan tentu akan terbuka kesempatan. Tapi pada saat ini ktia belum membutuhkan. Karena situasi Covid cukup berat,” ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X