Menhub Ajak Bupati hingga Gubernur Aktif Bersepeda

Kompas.com - 17/10/2020, 10:06 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat softlauncing pengoperasian jalur ganda KA Lintas Selatan Jawa, Kamis (8/10/2020) HUMAS KEMENHUBMenhub Budi Karya Sumadi saat softlauncing pengoperasian jalur ganda KA Lintas Selatan Jawa, Kamis (8/10/2020)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhuubungan (Kemenhub) tengah gencar mengkampanyekan penggunaan sepeda di kalangan masyarakat sebagai sarana moda transportasi utama maupun penghubung antara transportasi umum.

Oleh karenanya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak para pejabat daerah, seperti bupati, wali kota, dan gubernur untuk aktif menggunakan sepeda.

Menurut Menhub, sepeda dapat digunakan sebagai moda penghubung dengan moda transportasi umum lainnya.

“Katakan gubernur, wali kota, bupati, kita gunakan sepeda ini untuk antar moda, dari rumah ke kereta api, dari rumah ke MRT, itu gunakan sebagai sarana antar moda,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Sabtu (17/10/2020).

Baca juga: Beberapa Insentif Berakhir, Kemiskinan Meningkat di AS

Lebih lanjut, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu menilai, pejabat daerah merupakan panutan sebagian besar masyarakat.

Dengan demikian, jika bupati hingga gubernur telah terbiasa menggunakan sepeda, Budi meyakini langkah tersebut akan diikuti oleh masyarakat.

“Sekarang ini Pemda kita ini memiliki suatu peran yang kuat terhadap masyarakat,” kata dia.

Kegiatan bersepeda di tengah pandemi Covid-19 saat ini tengah digandrungi oleh banyak orang.

Momentum tersebut disebut perlu digunakan untuk memunculkan suatu kebiasaan penggunaan sepeda sebagai opsi moda transportasi dalam beraktifitas.

“Penggunaan sepeda nantinya bukan hanya lifestyle tapi juga tansportasi,” ucapnya.

Baca juga: Waskita Karya Sesak Napas Bangun Tol Palembang-Betung



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X