Ruas Tol Palembang-Betung Ditargetkan Beroperasi pada 2023

Kompas.com - 17/10/2020, 15:21 WIB
Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1 resmi beroperasi mulai Rabu (1/4/2020) pukul 07.00 WIB.
Dok. Waskita Toll RoadTol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1 resmi beroperasi mulai Rabu (1/4/2020) pukul 07.00 WIB.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) telah menyelesaikan konstruksi Jalan Tol Kayuagung- Palembang-Betung (KAPB) ruas Kayuagung-Palembang STA 0 +000 – 42+500 sepanjang 42,5 km.

Dengan demikian, pelaksanaan konstruksi jalan tol akan dilanjutkan untuk ruas Palembang-Betung 42+500 hingga 111+960 dengan total panjang konstruksi 69,46 KM.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan, sejak awal April 2020, Waskita telah mengoperasikan seksi 1 dari 3 seksi ruas tol ini.

Baca juga: Waskita Karya Sesak Napas Bangun Tol Palembang-Betung

“Yaitu seksi Kayu Agung-Palembang (sampai dengan Jakabaring) dengan Panjang 33,5 km dengan gratis dan merupakan kontribusi Waskita untuk masyarakat Sumsel khususnya dan kami akan menyelesaikan dalam waktu dekat sepanjang 9 km, sehingga terkoneksi dari Kayu Agung sampai Jalan lintas timur. Sehingga panjang total yang akan beroperasi adalah 42.5 km,” kata Destiawan dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/10/2020).

Sementara itu, menurut Director of Operation II Waskita Karya Bambang Rianto, proyek Tol KAPB ruas Palembang-Betung ini ditargetkan beroperasi pada tahun 2023.

Diharapkan dengan adanya pembangunan proyek ini dapat mengurangi kemacetan lalu lintas pada jalur lintas timur arah Palembang-Jambi.

Jalan tol ini dapat memangkas waktu distribusi barang maupun mobilitas kendaraan, bila melewati jalan biasa membutuhkan waktu tempuh 2 sampai 3 jam dengan adanya tol ini menjadi 20 menit saja. Selain itu dengan adanya pembangunan tol ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar tol,” ucap Bambang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X