KILAS

Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja, Kemnaker Transformasi BLK Secara Masif

Kompas.com - 20/10/2020, 08:38 WIB
Dirjen Binalattas Kemnaker, Budi Hartawan, saat membuka Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Bidang Pelatihan dan Produktivitas TA. 2020 (Rakorteker Bidang Lattas 2020) di Makassar, Senin (19/10/2020). Dok. Humas KemnakerDirjen Binalattas Kemnaker, Budi Hartawan, saat membuka Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Bidang Pelatihan dan Produktivitas TA. 2020 (Rakorteker Bidang Lattas 2020) di Makassar, Senin (19/10/2020).


KOMPAS.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Budi Hartawan mengatakan, Kemnaker sedang melakukan transformasi Balai Latihan Kerja (BLK) secara terstruktur dan masif.

"Transformasi tersebut dilakukan dari segi kelembagaan, persepsi, substansi pelatihan, serta sarana dan fasilitas," kata Budi seperti dalam keterangan tertulisnya yang Kompas.com terima.

Hal itu Budi sampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Bidang Pelatihan dan Produktivitas Tahun Anggaran (TA) 2020 di Makassar, Senin (19/10/2020).

Lebih lanjut, Budi memaparkan, untuk transformasi BLK dari segi kelembagaan, upaya yang dilakukan yakni membentuk minimal satu Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) di setiap provinsi.

Baca juga: Kemenaker Kebut Pembangunan 50 BLK

"Selain itu, ada juga penyiapan kompetensi instruktur dan tenaga pelatihan pemerintah dan swasta pada lembaga pelatihan kerja," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyiapan kompetensi itu, lanjut Budi, khususnya dilakukan dalam pengembangan kurikulum dan metode pelatihan berbasis online.

"Penyiapan kompetensi dilakukan pula untuk mengembangkan integrasi proses pelatihan dan penempatan," sambungnya.

Kemudian, untuk segi persepsi, Kemnaker akan memperkuat sinergi industri Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM).

Baca juga: Kemenaker Alokasikan Rp 2 Miliar untuk Bangun BLK Perfilman

"Kemnaker akan pula memperluas peluang program pemagangan luar negeri ke negara selain Jepang serta kampanye pelatihan vokasi dan BLK yang masif," jelasnya.

Adapun untuk transformasi BLK dari segi substansi pelatihan, Budi menjelaskan, dilakukan dengan pengembangan dan penerapan teknologi digital dalam layanan bidang pelatihan kerja dan sertifikasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.