Menkop Teten: Sertifikasi Halal Bisa Tingkatkan Omzet Penjualan UMKM

Kompas.com - 20/10/2020, 15:00 WIB
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki (Dok. Kemenkop UKM) Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki (Dok. Kemenkop UKM)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan pemerintah bakal terus mengembangkan segudang inisiatif atau menyelenggarakan berbagai program untuk mengembangkan berbagai produk halal.

Sebab, kata dia, apabila UMKM difasilitasi layanan produk halal, bisa meningkatkan pendapatan alias omzetnya.

"Berdasarkan survei kementerian, setelah memfasilitasi produk halal UMKM sepanjang 2014-2019 hasilnya cukup baik. Ketika mendapatkan sertifikasi halal, omzet usahanya bisa naik rata-rata sebesar 8,53 persen,"ujarnya dalam Peluncuran program pelatihan digitalisasi pemasaran dan manajemen produk halal bagi UMKM secara virtual, Selasa (20/10/2020).

Baca juga: Pemerintah Gelar Pelatihan Pemasaran dan Manajemen Produk Halal UMKM

Menurut dia, pencapain ini mencerminkan bahwa sertifikasi halal sangat direspon baik oleh publik dan sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha.

Sejauh ini, lanjut dia, salah satu tantangan terbesar bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengakses sertifikasi halal adalah terletak pada masalah biaya mengaksesnya.

Dia bilang, hanya para pengusaha menengah dan pengusaha besar saja yang memiliki kemampuan untuk mengakses sertifikasi halal.

"Usaha kecil jarang sekali bisa mengakses sertifikasi halal. Hanya usaha menengah dan besar yang memiliki kecukupan modal yang mampu mendapat sertifikasi halal selama ini,"ungkapnya.

Baca juga: Konsep Champion Team Bisa Bantu UMKM Kembangkan Bisnisnya, Apa Itu?

Namun, dengan adanya Undang-undang (UU) Cipta Kerja, Teten menjamin pelaku UMKM yang ingin mengurus sertifikasi halal tidak akan dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Teten juga mengakui bukan hanya sertifikasi halal saja yang dibutuhkan oleh UMKM, melainkan juga pendampingan dalam bentuk edukasi manajemen produk halal maupun pendaftarannya juga perlu diberikan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X