Rencana Stimulus Fiskal AS Dorong Rupiah Menguat

Kompas.com - 21/10/2020, 09:48 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang diperdagangkan di pasar spot menguat pada pagi ini, Rabu (21/10/2020).

Melansir Bloomberg pukul 09.05 WIB, rupiah berada pada level Rp 14.650 per dollar AS, atau menguat 8 poin (0,05 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.658 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, penguatan rupiah pagi ini terdorong oleh rencana stimulus fiskal AS yang diperkirakan bisa dirilis sebelum Pemilu AS.

“Rupiah berpotensi menguat hari ini setelah semalam ada indikasi stimulus AS mungkin bisa dirilis sebelum pemilu,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Apa Itu Startup dan Perbedaanya dengan Perusahaan Konvensional?

Ariston mengatakan, optimisme pasar terkait dengan stimulus tersebut mampu menarik sinyal positif bagi pergerakan harga emas.

Sebelumnya, Presiden Donald Trump menawarkan nilai proposal stimulus yang lebih besar dibandingkan Partai Demokrat. Ini mengindikasikan keinginan Trump untuk segera mendapatkan kesepakatan dan meluncurkan stimulus sebelum pemilu AS tanggal 3 November 2020.

“Kabar baik ini direspons positif oleh pasar dan harga aset berisiko menguat, termasuk rupiah yang mungkin bisa ikut menguat hari ini,” kata dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.550 per dollar AS sampai dengan Rp 14.750 per dollar AS.

Baca juga: IHSG Berada di Zona Hijau Pagi Ini



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X