Kompas.com - 21/10/2020, 19:04 WIB
ilustrasi belanja online Shutterstockilustrasi belanja online

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Santri Nasional pada 22 Oktober, aplikasi Kesan (Kedaulatan Santri) meluncurkan fitur Umat Market atau U-Mart.

U-Mart adalah marketplace Islami yang ramah santri dan mendukung digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

Setelah sebelumnya fokus di pengembangan fitur Islami, aplikasi tersebut kini fokus mengembangkan fitur ekonomi seperti U-Mart dalam rangka penguatan ekonomi umat, terlebih lagi di masa pandemi.

Baca juga: BTN Latih Alumni Santri Jadi Pengembang Perumahan

“U-Mart didesain ramah produk santri dan Islami. Ada kurasi produk dan jasa UMKM di dalam U-Mart agar para pembeli merasa nyaman akan kehalalan transaksi," kata CEO Kesan Hamdan Hamedan dalam keterangan tertulis, Rabu (21/10/2020).

Hamdan menjelaskan, pihaknya mendorong digitaliasi UMKM santri dan nasional di masa pandemi serta menawarkan kemudahan bagi para pembeli yang menginginkan produk dan jasa halal.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Waryono mengapresiasi hadirnya Kesan dan fitur terbarunya, U-Mart.

“Saya senang dengan hadirnya aplikasi KESAN yang memberikan konten-konten Islami yang sejuk dan mendidik, di satu sisi. Dan di sisi lain, memungkinkan santri dan umat Islam memasarkan produk dan jasanya secara mudah,” tutur Waryono.

Baca juga: Aplikasi Ini Dorong Santri Jualan Online

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 200.000 kali oleh para pengguna baik di dalam maupun luar negeri. Saat virtual launching, lebih dari 1.000 UMKM telah bergabung di U-Mart Kesan.

Aplikasi Kesan dapat diunduh gratis di Google Play, Apple Store, atau di laman resmi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X