Kiprah Alumni Bank Mandiri yang Kuasai Posisi Penting di BUMN

Kompas.com - 22/10/2020, 06:56 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. (Shutterstock) Ilustrasi Bank Mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bankir-bankir dari Bank Mandiri memberi kesan spesial di mata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Hal ini tecermin dari pilihan mantan bos Inter Milan itu dalam menempatkan para bankir Bank Mandiri di perusahaan-perusahaan pelat merah.

Misalnya saja di PT Bank Negara Indonesia (BNI). Tak tanggung-tangung ada lima mantan bankir Bank Mandiri yang menduduki posisi penting di BNI.

Nama-nama yang digeser ke BNI antara lain, mantan Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar, mantan Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Silvano Rumantir, dan mantan Senior Executive Vice President Wholesale Risk Bank Mandiri David Pirzada.

Baca juga: Dari Bos Bank Mandiri, Royke Tumilaar Digeser Jadi Dirut BNI

Selanjutnya, ada mantan Senior Vice President SME Banking Muhammad Iqbal, serta mantan Senior Vice President Strategy & Performance Management Bank Mandiri Novita Widya Anggraini.

Tak hanya di BNI, kondisi serupa pun terjadi di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). Posisi Direktur Utama BRI saat ini diduduki oleh Sunarso.

Sunarso meniti karir di Bank Mandiri sejak 1999 lalu yang saat itu masih bernama Bank Dagang Negara (BDN).

Di Bank Mandiri, Sunarso mencicipi banyak jabatan hingga akhirnya dipercaya menjabat sebagai Direktur Commercial & Business Banking Bank Mandiri pada Mei 2010.

Baca juga: Gantikan Suprajarto, Sunarso Ditunjuk Jadi Direktur Utama BRI

Sunarso yang mengenyam pendidikan Magister Administrasi Bisnis Universitas Indonesia ini akhirnya hijrah ke BRI sebagai Wakil Direktur Utama pada Maret 2015 lalu.

Selanjutnya di PT Bank Tabungan Negara (BTN). Posisi Direktur Utama BTN ditempati oleh Pahala Mansury yang merupakan mantan bankir Bank Mandiri.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X