Kookmin Masuk, Bos Bukopin Yakin Bakal Dorong Transformasi Bisnis

Kompas.com - 22/10/2020, 20:06 WIB
Bank Bukopin KONTAN/BAIHAKIBank Bukopin

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk Rivan A Purwantono meyakini masuknya KB Kookmin Bank Co Ltd sebagai investor baru sekaligus pemegang saham pengendali, akan mendorong terjadinya transformasi bisnis perseroan.

Menurut Rivan, proses transformasi tersebut akan semakin memperkuat fundamental bisnis dan citra perusahaan.

Salah satu transformasi yang dilakukan adalah memperluas segmen pasar, khususnya perusahaan-perusahaan asal Korea Selatan yang banyak berinvestasi di Indonesia.

Baca juga: Fitch Ratings Beri Peringkat AAA untuk Bank Bukopin

"Ini adalah momentum yang tepat bagi Bukopin melakukan transformasi mengingat tantangan bisnis perbankan saat pandemi sangat besar," ujar Rivan seperti diwartakan Antara, Kamis (22/10/2020).

Ia menuturkan, selama ini nasabah Bukopin sangat beragam mulai dari pensiunan, koperasi, perusahaan swasta, BUMN, hingga pemerintah. Keberadaan Kookmin beserta jaringannya diyakini akan turut menambah keberagaman segmen pasar baik dari perorangan maupun badan usaha asing.

Di sisi teknologi, transformasi juga dilakukan melalui digitalisasi layanan Bukopin. Di Korea, Kookmin telah dikenal sebagai perbankan yang mampu menciptakan one stop mobile sangat canggih sesuai kebiasaan baru dan kebutuhan masyarakat.

"Kolaborasi ini akan membuat Bukopin bertransformasi menjadi bank yang tetap menjunjung tinggi kearifan lokal dengan profesionalisme bankir berskala internasional," kata Rivan.

Baca juga: Masuknya Kookmin Bakal Perkuat Pengawasan Bank Bukopin

Selain perluasan pasar, kolaborasi Kookmin-Bukopin juga akan semakin memperkuat fundamental yang telah dimiliki yaitu segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi.

Kookmin yang adalah bank terbesar di Korea Selatan dapat mendorong pengembangan UMKM, ritel, perumahan, hingga keuangan mikro.

Proses transformasi yang sedang berjalan semakin meningkatkan kepercayaan publik terhadap Bukopin yang ditandai dengan pembaharuan peringkat Peringkat Nasional jangka panjang milik Bank Bukopin sebanyak empat peringkat menjadi idAAA.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X