Kemendag Dorong Pelaku Usaha Dekorasi Rumah Tembus Pasar Eropa

Kompas.com - 22/10/2020, 21:32 WIB
Ilustrasi dekorasi rumah. Apartementtherappy.comIlustrasi dekorasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong pelaku usaha dekorasi rumah untuk bisa menembus pasar ekspor ke Eropa. Hal ini dilakuan dengan program pelatihan bisnis ekspor (business export coaching/BEC).

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan mengatakan, sosialisasi program tersebut dilakukan secara intensif agar semakin banyak para pelaku usaha yang dapat mengembangkan ekspor dan meningkatkan daya saing ekspor,

"Khususnya untuk ekspor produk dekorasi rumah Indonesia ke pasar Eropa," ujar Marolop dalam keterangan resminya, Kamis (22/10/2020).

Menurutnya, program BEC kali ini memfokuskan pada produk dekorasi rumah berbahan kayu, rotan, dan serat alami lainnya yang tidak termasuk komponen furnitur besar. Program ini memberikan dukungan kepada 35 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) hingga berhasil ekspor ke pasar Eropa.

Baca juga: KPK Tetapkan Dirut PT PAL Jadi Tersangka, Ini Kata Stafsus Menteri BUMN

Adapun program BEC akan dilaksanakan secara komprehensif selama empat tahun yakni 2021-2024 untuk memastikan kesuksesan ekspor para pelaku usaha ke Eropa.

"Target dari nilai ekspor produk dekorasi rumah Indonesia ke Eropa sebesar Rp 384 miliar pada 2024,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mendaftar program ini, lanjut Marolop, calon peserta tidak akan dikenakan biaya. Peserta akan mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman pelaku usaha tentang pasar dan preferensi pembeli dari Eropa.

Peserta juga akan mendapatkan pendampingan individu selama masa program agar dapat fokus mengembangkan produk dan perusahaan sesuai standar Eropa, serta menyusun strategi terbaik memasuki pasar Eropa.

Baca juga: BUMN Konstruksi Rampungkan Proyek Jembatan Teluk Kendari

Selain itu, para peserta akan mendapatkan akses ke berbagai kontak di pasar Eropa dalam jaringan CBI dan kementerian/asosiasi terkait program dan mendapatkan kesempatan mengikuti pameran berskala internasional di dalam dan luar negeri.

Sekedar diketahui, bagi pelaku usaha yang ingin mendaftarkan pelatihan BEC produk dekorasi rumah Indonesia dapat mengisi formulir pada link berikut ini: https://forms.gle/Nans1nK5jyQziNeH7.

Informasi lebih lanjut tentang program BEC dapat menghubungi Tim Seleksi BEC melalui email: homedecorindonesia@kemendag.go.id. Batas waktu pendaftaran program BEC hingga 1 November 2020.

Baca juga: Mendagri: Mohon Kepala Daerah Tidak Cari Aman...



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X