Akhir Pekan, Rupiah Ditutup Stagnan

Kompas.com - 23/10/2020, 16:40 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot stagnan pada Jumat (23/10/2020).

Mengutip data Bloomberg, rupiah sore ini ditutup stagnan pada level Rp 14.660, atau sama dengan penutupan sebelumnya. Sebelumnya rupiah sempat melemah menyentuh level Rp 14.690 per dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan sentimen yang mempengaruhi rupiah pada akhir pekan adalah adanya harapan tentang ekonomi Indonesia yang akan kembali membaik, walaupun awal bulan depan akan dirilis PDB Kurtal Ketiga yang kemungkinan mmengalami terkontraksi tipis.

Baca juga: Mau Tukar Valas? Intip Kurs Rupiah Hari Ini di 5 Bank

“Kontraksi ekonomi pada Kuartal III/2020 (mungkin) lebih landai ketimbang kuartal II. Indonesia mungkin resesi, tetapi bukan berarti tidak ada harapan ekonomi akan kembali membaik,” kata Ibrahim melalui siaran pers.

Ibrahim mengatakan, rilis data investasi yang sedikit lebih baik di bandingkan ekspektasi para analis membuat kemungkinan PDB di kuartal IV/2020 akan lebih baik. Sementara itu, rencana penerapan PSBB Transisi di November mendatang membuat aktivitas masyarakat perlahan mulai kembali dan berptensi membangkitkan ekonomi.

Di sisi lain, nilai investasi yang masuk pada kuartal III/2020 senilai Rp 209 triliun, atau naik 1,6 persen dibandingkan periode yang sama dibanding tahun sebelumnya. Angka ini jauh membaik dibandingkan kuartal II/2020, sebesar Rp 191,9 triliun.

Baca juga: Naik 0,4 Persen, IHSG Kembali Tembus Level 5.100

“Kalau melihat data investasi tersebut, masa kritis realisasi investasi sudah terlewatkan, pembangunan Infrastruktur kembali berjalan dan tinggal bagaiamana agar pemerintah dan masyarakat menjaga investasi tetap stabil dan meningkat dari waktu ke waktu,” jelas dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X