Kompas.com - 23/10/2020, 17:25 WIB
Kompleks Stadion Papua Bangkit. Biro Komunikasi Kementerian PUPRKompleks Stadion Papua Bangkit.

JAKARTA, KOMPAS.com - BUMN konstruksi PT PP (Persero) Tbk menyelesaikan pembangunan proyek Stadion Papua Bangkit.

Proyek pembangunan Stadion Papua Bangkit tersebut diresmikan secara langsung oleh Gubernur Papua Petahana Lukas Enembe, hari ini Jumat (23/10/2020), dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

“Perseroan sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Papua yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk berkontribusi dalam membangun salah satu stadion
termegah di Indonesia ini," kata Agus Purbianto, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko PT PP dalam keterangan resmi, Jumat.

Baca juga: PT PP Segera Rampungkan Proyek Pembangunan Istora Papua

Agus menyatakan, berbekal pengalaman dan hasil kualitas pekerjaan, perseroan dapat menyelesaikan pembangunan stadion ini tepat waktu. Perseroan telah menyelesaikan pembangunan stadion ini sejak bulan Juni 2019 lalu.

"Kehadiran Stadion Papua Bangkit ini telah menjadikan ikon (landmark) tersendiri bagi masyarakat Indonesia khsusunya masyarakat Papua,” ujar Agus.

Stadion Papua Bangkit berlokasi di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua awalnya dibangun untuk menyambut penyelenggaraan PON XX Papua Tahun 2020 yang pertama kali akan berlangsung di Papua.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Stadion ini memiliki kapasitas sebesar lebih dari 40.000 penonton. Seluruh fasilitas stadion ini telah berstandar internasional, mulai dari bangunan yang dibuat hingga 3 lantai, lintasan atletik telah tersertifikasi IAF, lapangan yang telah mengikuti standar FIFA, serta sarana pendukung lainnya yang didatangkan langsung dari luar negeri.

Baca juga: Waskita Karya Rampungkan Proyek Arena Akuatik PON Papua

Stadion ini terdiri dari dua lapangan, yaitu lapangan utama dan lapangan pemanasan. Pembiayaan pembangunan stadion ini didanai oleh APBD Provinsi Papua senilai Rp 1,3 triliun.

Pada bulan Oktober 2020 ini, Stadion Papua Bangkit resmi mengalami perubahan nama menjadi Stadion Lukas Enembe.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X