Merefleksi Arti Warna dalam Perspektif Pemasaran

Kompas.com - 26/10/2020, 14:12 WIB
Ilustrasi pemasaran properti secara daring VECTORFUSIONARTIlustrasi pemasaran properti secara daring

Oleh: Keni dan Frangky Selamat

MENURUT Bank Dunia, satu dari lima orang Indonesia tergolong kelas menengah. Jika diambil persentase dari jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 268 juta jiwa, maka jumlah kelas menengah Indonesia adalah sekitar 53,6 juta jiwa.

Menurut versi Kemenkeu, jumlah tersebut merupakan kelas menengah atas dan 120 juta penduduk merupakan aspiring middle class yaitu kelompok yang tidak lagi miskin dan menuju kelas menengah yang lebih mapan.

Pada masa sebelum pandemi, kelas menengah adalah motor penggerak konsumsi rumah tangga yaitu mencapai separuhnya dengan pertumbuhan per tahun mencapai 12 persen sejak tahun 2012.

Baca juga: Gubernur BI: untuk Nilai Tambah, Pemasaran Tak Harus Melalui E-commerce

Jika Indonesia ingin beranjak menjadi negara berpendapatan tinggi, tak ayal lagi kelas menengah harus diperbanyak jumlahnya.

Bagaimana dengan masa pandemi kini? Kelas menengah tetap memegang peran. Namun mereka masih menahan diri untuk membelanjakan uang dan berkecenderungan menyimpannya di bank.

Hal ini tercermin dari kenaikan dana pihak ketiga termasuk valas per Juni 2020 yang tumbuh 8,37 persen year on year dibanding periode yang sama tahun lalu.

Saat ini sejumlah produsen terus berupaya menawarkan produk baru untuk mendongkrak pembelian dari kelas menengah. Mereka meyakini bahwa daya beli kelas menengah masih ada dan perlu dipancing dengan sejumlah penawaran baru.

Penawaran produk baru juga sekaligus untuk memperkuat ekuitas merek. Di tengah krisis ekonomi, pemasar tetap memelihara ekuitas merek, dengan harapan penjualan tetap terjaga dan begitu pemulihan ekonomi tiba, penjualan dapat terdongkrak naik.

Strategi meningkatkan ekuitas merek

Pemasar telah lama meyakini bahwa strategi pemasaran dapat meningkatkan ekuitas merek. Ekuitas merek merupakan persepsi konsumen terhadap nilai dari sebuah produk.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X