Hingga September, BNI Restrukturisasi Kredit ke 170.591 Debitur

Kompas.com - 27/10/2020, 11:53 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk telah memberikan restrukturisasi kredit sebesar Rp 122 triliun hingga kuartal III 2020.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan total restrukturisasi yang diberikan memiliki porsi 22,2 persen dari total pinjaman.

"Restrukturisasi diberikan kepada 170.591 debitur, yang mayoritas adalah debitur sektor perdagangan, restoran, hotel, sektor jasa usaha, serta manufaktur," kata Corina dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (27/10/2020).

Baca juga: OJK Tetapkan Restrukturisasi Kredit Diperpanjang

Corina melihat, kebutuhan restrukturisasi hingga kuartal III 2020 ini cenderung melandai. Hal ini tercermin dari nilai restrukturisasi yang tidak banyak berubah pada posisi Juni 2020.

Pada Juni, restrukturisasi mencapai Rp 119,3 triliun.

"Hal ini sesuai dengan proyeksi, dan kami akan selesaikan program restrukturisasi hingga akhir tahun (2020)," sebut Corina.

Sementara terkait kebijakan perpanjangan restrukturisasi hingga Maret 2022, manajemen melihat kebijakan tersebut positif bagi kedua belah pihak, baik perbankan maupun debitur.

Baca juga: Pengusaha Minta Restrukturisasi Kredit Diperpanjang hingga Dua Tahun

Perpanjangan restrukturisasi dinilai memberikan ruang yang lebih leluasa bagi bank untuk mengatur portofolio dengan lebih baik dan terukur.

"Sedangkan manfaatnya bagi nasabah adalah memberikan tambahan waktu untuk dapat memperbaiki cashflow dan bisnisnya, seiring upaya pemulihan dari dampak pandemi ini," pungkas Corina.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X