REI: Publik Lihat Usai Covid-19 Harga Properti Melonjak

Kompas.com - 27/10/2020, 20:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Real Estate Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida menyatakan, pasar menilai akan terjadi lonjakan harga di sektor properti usai pandemi

"Masyarakat ini melihatnya bahwa ini begitu Covid-19 selesai akan pasti terjadi lonjakan harga," ujar dia dalam webinar Property Fiesta Virtual Expo 2020, Selasa (27/10/2020).

Ia menjelaskan, adanya potensi pemulihan harga properti terdorong dengan fenomena yang selama ini terjadi, di mana sejak tahun 2013 hingga saat ini harga properti relatif stagnan.

Baca juga: Survei: Sektor Properti Masih Bertahan di Tengah Pandemi

Padahal, kata Paulus, umumnya fenomena harga stagnan dalam properti terjadi selama 2-3 tahun, tapi kondisi harga stagnan yang dialami sektor properti Indonesia sudah berlangsung 6-7 tahun.

"Jadi ini memang diperkirakan harga akan naik kedepannya," kata dia.

Selain itu, Paulus mengatakan, investor asing juga sudah melakukan persiapan untuk membuka perumahan baru di Indonesia. Ia bilang, salah satunya di wilayah Tangerang Selatan dengan 2.000 hektar,

"Mereka (invetsor asing) optimis dengan kondisi yang ada," imbuh Paulus.

Optimisme tersebut, lanjutnya, didukung dengan pemulihan sektor properti di kuartal III-2020 setelah sempat tertekan akibat pandemi pada kuartal-kuartal sebelumnya.

Ia mengatakan, penjualan properti pada kuartal II-2020 memang mengalami penurunan, tetapi di kuartal III-2020 langsung melonjak. Menurutnya, itu tercermin dari penjualan perumahan Sumarecon dan Ciputra yang laku keras.

"Ada penjualan 3 klaster langsung soldout dalam 3 hari. Jadi kuartal III-2020 itu sudah meningkat lagi," tutupnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X