KILAS

Jaga Kinerja Ekspor Non Migas, Mendag: Salah Satunya dengan Mengatur Impor Barang Konsumsi

Kompas.com - 27/10/2020, 21:49 WIB
Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto melepas enam kontainer ekspor PT Paragon Technology and Innovation ke Malaysia periode Oktober 2020 untuk produk kosmetik dan perawatan wajah dengan merek Wardah senilai Rp22,9 miliar yang berlangsung di Tangerang, Banten, Senin (26/10/2020).

 DOK. Humas KemendagMenteri Perdagangan, Agus Suparmanto melepas enam kontainer ekspor PT Paragon Technology and Innovation ke Malaysia periode Oktober 2020 untuk produk kosmetik dan perawatan wajah dengan merek Wardah senilai Rp22,9 miliar yang berlangsung di Tangerang, Banten, Senin (26/10/2020).

KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan, Kementerian Perdagangan ( Kemendag) terus melakukan berbagai langkah untuk menjaga kinerja ekspor non migas agar tidak turun tajam di tengah tekanan ekonomi global dan pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Agus Suparmanto saat melakukan pelepasan enam kontainer ekspor PT Paragon Technology and Innovation (PTI) ke Malaysia periode Oktober 2020, Senin (26/10/2020) di PT PTI, di Kabupaten Tangerang, Banten.

"Salah satunya dengan mengatur impor barang konsumsi secara selektif," kata Agus seperti dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Agus, hal itu dilakukan untuk melindungi pelaku usaha di dalam negeri sehingga surplus neraca perdagangan dapat terjaga selama lima bulan berturut-turut.

Baca juga: Kemendag Dorong Pelaku Usaha Dekorasi Rumah Tembus Pasar Eropa

Selain pengaturan impor, Agus juga memaparkan sejumlah kebijakan lain yang diambil Kemendag dalam menjaga kinerja perdagangan luar negeri tahun ini.

Adapun kebijakan yang dimaksud Agus antara lain memberi stimulus ekonomi non fiskal serta mengamankan ketersediaan alat kesehatan untuk mendukung upaya penanganan pandemi dan mendukung potensi kinerja ekspor alat kesehatan.

"Kemendag memanfaatkan pula forum kerja sama perdagangan internasional demi mengurangi hambatan perdagangan yang justru menguat di masa Covid-19," imbuhnya.

Agus menuturkan, Kemendag kini tengah menyiapkan gelaran Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition yang dijadwalkan berlangsung Selasa (10/11/2020) hingga Senin, (16/10/2020).

Baca juga: Gelar Trade Expo Secara Virtual, Kemendag Sasar Pasar Non Tradisional

Pada kesempatan yang sama, Agus juga menyampaikan ekspor non migas September 2020 tercatat 13,31 miliar dollar AS atau naik 0,21 persen dibanding September 2019.

“Hal ini menunjukkan kinerja ekspor non migas pada September 2020 kembali, bahkan melampaui level kinerja ekspor September tahun lalu saat pandemi belum terjadi," ujarnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X