Intip Kekayaan 7 Miliarder China Berusia di Bawah 40 Tahun

Kompas.com - 28/10/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi miliarder atau investor Thinkstockphotos.comIlustrasi miliarder atau investor
Penulis Kiki Safitri
|

BEIJING, KOMPAS.com - Miliarder muda asal China berhasil mengumpulkan kekayaan, bahkan saat dunia berjuang melawan krisis ekonomi terburuknya dalam beberapa dekade. Berdasarkan Hurun Rich List, China memiliki 60 miliarder di bawah usia 40 tahun.

Dari total tersebut, 14 masuk dalam jajaran miliarder muda usai perusahaannya go public di awal tahun 2020. Terdorong oleh pasar saham teknologi yang melonjak, ini menjadi jalan pembuka bagi pertumbuhan kekayaan di tengah pandemi Covid-19 yang mulai berakhir.

Total keseluruhan miliarder di China saat ini berjumlah 878 orang. Peningkatan tersebut mencerminkan lonjakan signifikan dibanding tahun 2010 yang hanya 189 miliarder.

Baca juga: Pemerintah Telah Cairkan PMN untuk Beberapa BUMN, Ini Rinciannya

“Dunia belum pernah melihat kekayaan sebanyak ini. Pengusaha China telah melakukan jauh lebih baik dari yang diharapkan. Meskipun Covid-19, mereka telah meningkat ke level rekor,” kata Rupert Hoogewerf, ketua dan kepala peneliti Laporan Hurun.

Mengutip CNBC, Rabu (28/10/2020), ada 7 miliarder China di bawah usia 40 tahun yang memiliki harta kekayaan tertinggi. Berikut daftarnya:

1. Huiyan Yang (39)

Yang dianggap sebagai wanita terkaya di Asia dengan total kekayaan 33,1 miliar dollar AS atau Rp 479,9 triliun (Kurs Rp 14.500). Yang merupakan pemegang saham mayoritas Country Garden, sebuah perusahaan pengembang properti yang didirikan oleh ayahnya yang dahulu seorang petani, bernama Guoqiang Yang, di Guangdong pada tahun 1992.

Meskipun kekayaan Yang melonjak 29 persen selama setahun terkahir, posisi tersebut turun satu peringkat sebagai miliarder terkaya keenam di China secara keseluruhan.

Baca juga: Jokowi Borong Vaksin Covid-19 yang Belum Lolos Uji Klinis, Ini Kata Sri Mulyani

2. Zetian Zhang (27)

Zetian Zhang bersama suaminya Qiangdong Liu (41) memiliki kekayaan gabungan 23,5 miliar dollar AS atau Rp 340,7 triliun. Nilai tersebut melonjak 111 persen pada tahun 2020. Hal ini terjadi berkat pertumbuhan perusahaan e-commerce, JD.com.

Sebagai seorang pengusaha wanita dengan haknya sendiri, Zhang adalah seorang investor yang juga menjabat sebagai kepala penasihat mode di bisnis JD. Pada usia 24 tahun, ia menjadi miliarder wanita termuda di China setelah menikah dengan Liu pada tahun 2015.

3. Hao Yan (34)

Yan memiliki total kekayaan bersih senilai 21,3 miliar dollar AS atau Rp 308,8 triliun. Yan merupakan ketua dari perusahaan konstruksi yang bermarkas di Xinjiang, bernama Pacific Construction Group. Perusahaan tersebut didirikan oleh ayahnya, CEO JieHe Yan pada tahun 1986.

Baca juga: Ini Jadwal Pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 ke Rekening

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X