Menurut BI, Ini 3 Pilar Kembangkan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Kompas.com - 28/10/2020, 17:47 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo DOKUMENTASI BANK INDONESIAGubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia ( BI) Perry Warjiyo merinci ada 3 pilar dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Adapun wujud nyata komitmen BI mengadopsi 3 pilar tersebut adalah dengan diselenggarakannya Indonesia Sharia Economic Forum (ISEF) tahun 2020.

"ISEF menjadi momentum akselerasi semua pihak untuk memperluas kerja sama internasional," kata Perry dalam pembukaan ISEF 2020 secara virtual, Rabu (28/10/2020).

Baca juga: Industri Keuangan Syariah adalah Raksasa yang Sedang Tidur...

Perry merinci, pilar pertama adalah memberdayakan ekonomi syariah diarahkan untuk membangun mata rantai ekonomi halal (halal supply chain) baik dalam skala kecil maupun skala besar.

"Baik skala kecil menengah di pondok pesantren dan komunitas muslim hingga skala besar tingkat industri dan asosiasi usaha. Dengan sektor unggulan pertanian, fashion, wisata ramah muslim, EBT," sebut Perry.

Pilar kedua adalah membangun keuangan syariah mulai dari perbankan, pasar keuangan syariah, dan lembaga jasa keuangan lainnya.

Begitu pun membangun keuangan sosial melalui zakat, infaq, sodaqoh, dan wakaf (Ziswaf).

Baca juga: Erick Thohir: Indonesia Harus Mampu Jadi Pusat Ekonomi dan Keuangan Syariah di Dunia

Kemudian yang ketiga adalah edukasi dan sosialisasi pengembangan kurikulum ekonomi keuangan syariah dan kewirausahaan.

“Pengembangan kawasan industri halal dan kemunculan enteprenuer baru, isef preneur, santripreneur, pengembangan keuangan syariah” ucap Perry.

Sementara dari sisi keuangan syariah, pihaknya berharap sukuk dan wakaf produktif menjadi instrumen komersial unggulan yang berlandaskan syariah di Indonesia.

“Pengembangan keuangan syariah untuk memperluas sukuk sebagai unggulan instrumen keuangan komersial maupun wakaf produktif sumber pembiayan ekonomi baru," pungkas Perry.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X