Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Startup Kargo Pertama di Indonesia Luncurkan Aplikasi

Kompas.com - 29/10/2020, 08:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengantisipasi perkembangan pesat sektor logistik di saat pandemi Covid-19, perusahaan rintisan (startup) kargo pertama di Indonesia Trawlbens meluncurkan aplikasi dengan teknologi digital terbaru.

Aplikasi ini memberikan 8 layanan pengiriman atau perpindahan barang dari dan ke seluruh Indonesia.

Beni Syarifudin, founder dan CEO Trawlbens mengatakan, aplikasi baru dari Trawlbens menjadi revolusi baru layanan logistik di Indonesia yang terlengkap dan mengutamakan tarif jujur paling murah.

Baca juga: Perusahaan Logistik Anteraja Bidik Segmen Korporasi

“Memasuki revolusi industri 4.0 dan era digitalisasi, sudah saatnya sektor logistik di Indonesia memulai revolusi layanan berbasis teknologi. Trend digitalisasi dan revolusi industri 4.0 menjadi keniscayaan yang tidak bisa dihindari,” ujar Beni dalam keterangannya, Kamis (29/10/2020).

Menurut dia, dengan aplikasi tersebut, konsumen dan mitra akan menikmati layanan logistik terlengkap dengan tarif riil paling murah.

Harapannya, aplikasi Trawlbens dapat menjadi solusi permasalahan logistik para UMKM yang selama ini terkendala ongkos kirim yang mahal.

“Selama ini teman-teman pengusaha UMKM terkendala masalah logistik. Biayanya kurang ramah di kantong," sebut Beni.

Baca juga: Ada Tol Laut, Biaya Logistik Lebih Efisien

Dorongan teknologi serta model bisnis yang inovatif dalam layanan logistik akan menjadi pilar utama pertumbuhan sektor ini ke depan. Menyadari hal itu, Beni menambahkan, pihaknya saat ini gencar memperluas jaringan dan membuka peluang kemitraan.

Delapan layanan yang disediakan Trawlbens antara lain TrawlPack (berat barang minimal 10 kg, akan kena tarif pengiriman minimum), TrawlMove (jasa pindahan rumah/kantor/kostan, dan lainnya), serta TrawlCarrier (jasa kirim mobil dengan beberapa metode yang ditawarkan).

Kemudian, TrawlHeavy (jasa kirim alat berat seperti forklift), TrawlFeet (penyewaan container ukuran 20 feet/40 feet), TrawlTruck (penyewaan truck dengan beberapa model yang ada), TrawlBoat (penyewaan satu kapal), hingga TrawlExim (jasa ekspor dan impor).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com