Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Libur Panjang, Jasa Marga Batasi Angkutan Barang

Kompas.com - 01/11/2020, 07:33 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - General Manager Representative Office 2 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Prajudi mengatakan, dalam rangka ketertiban dan kelancaran lalu lintas pada masa arus balik libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H, pihaknya melakukan pembatasan angkutan barang sumbu 3 ke atas.

"Kecuali angkutan pengangkut bahan bakar minyak atau bahan bakar gas, pengangkut barang ekspor dan impor dari dan ke pelabuhan, air minum dalam kemasan, ternak, pupuk, hantaran pos dan uang serta pengangkut bahan pokok," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/10/2020).

Tindakan pembatasan kendaraan itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 22/AJ.201/DRJD/2020 tentang Pembatasan Operasional Angkutan Barang Pada Masa Arus Mudik dan Arus Balik Libur Nasional dan Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H.

Baca juga: Pemberkasan CPNS Dimulai Hari Ini, Berikut Dokumen yang Harus Diunggah

Pengalihan lalu lintas kendaraan angkutan barang sumbu 3 ke atas dari Cirebon menuju Jakarta dilakukan pada Gerbang Tol (GT) Palimanan 4.

Waktu pelaksanaan kegiatan tersebut dipercepat yang semula direncanakan dimulai pada hari Sabtu, pukul 20.00 WIB, dipercepat menjadi pukul 12.00 WIB. Pengalihan lalu lintas ini akan berlanjut hingga 2 November 2020, pukul 08.00 WIB.

Kepolisian akan melakukan pengalihan lalu lintas kendaraan angkutan barang sumbu 3 ke atas pada titik KM 68 untuk diarahkan keluar Kalihurip.

"Untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, pihak-pihak terkait juga melakukan sosialisasi pembatasan kendaraan melalui Variable Message Sign (VMS) pada 200 meter, 500 meter, dan 1.000 meter sebelum Gerbang Palimanan 4. Informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat di akses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080," ujarnya.

Pembukaan kegiatan pengalihan kendaraan barang pada GT Palimanan 4 tersebut dihadiri oleh Dirlantas Polda Jabar, Kadishub Propinsi Jabar, Kepala wilayah IV perhubungan darat Provinsi Jawa Barat, dan juga Kapolres Cirebon. Jasa Marga bekerja sama dengan Polres Cirebon dan Dishub Cirebon demi kelancaran kegiatan tersebut.

Baca juga: 5 Negara dengan Jaringan Rel Kereta Api Terpanjang di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com