208.134 Kendaraan Diprediksi Kembali ke Jakarta Hari Ini

Kompas.com - 01/11/2020, 18:00 WIB
Hari kedua libur panjang, Rabu (29/10/2020) tol Jakarta-Cikampek terpantau padat. KOMPAS.COM/FARIDAHari kedua libur panjang, Rabu (29/10/2020) tol Jakarta-Cikampek terpantau padat.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus kendaraan menuju Jakarta dan sekitarnya pada periode libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW akan terjadi pada hari ini, Minggu (01/11/2020).

Untuk menghindari potensi terjadinya penumpukan kendaraan, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar mengantisipasi waktu-waktu favorit untuk kembali ke Jakarta, yaitu di sekitar sore-malam hari.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, Jasa Marga memprediksi sekitar 208.134 kendaraan menuju Jakarta, meningkat sekitar 29 persen dari lalu lintas new normal.

Baca juga: Listrik DKI dan Sekitarnya Padam, Erick Thohir Datangi Kantor PLN

“Angka prediksi tersebut merupakan angka kumulatif lalu lintas yang akan memasuki Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), dengan mayoritas pengguna jalan berasal dari arah Timur,” ujar Heru dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Sementara itu, lanjut Heru, Jasa Marga mencatat di hari pertama arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW sekitar 160.000 kendaraan telah kembali ke Jakarta pada hari Sabtu kemarin. Angka ini naik sekitar 36 persen dari lalu lintas new normal.

Heru pun mengimbau pengguna jalan dapat mempersiapkan perjalanan dengan jauh lebih baik lagi.

“Persiapkan perbekalan, mengisi BBM penuh serta agar menggunakan fasilitas di toilet rest area sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Hal ini untuk mempersiapkan diri untuk tidak perlu mampir di rest area Jalan Tol Jakarta-Cikampek karena kepadatan yang berpotensi terjadi di beberapa titik di jalan tol tersebut, yaitu di Simpang Susun Dawuan Km 66 serta titik-titik jelang rest area Km 62 dan Km 52,” kata Heru.

Baca juga: Ini Penyebab Mati Listrik di Sejumlah Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Jasa Marga menyiagakan petugas dan prasarana untuk mendukung upaya dalam mencairkan lalu lintas di lokasi-lokasi rawan kepadatan tersebut.

“Kami juga menyiapkan perambuan dan personel untuk rencana pelaksanaan rekayasa lalu lintas contraflow atas diskresi Kepolisian, buka tutup rest area jika terdapat antrean kendaraan serta pengalihan kendaraan angkutan barang sumbu 3 atau lebih menuju Jakarta,” ungkapnya.

Jasa Marga meminta pengguna jalan memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak) saat berada di tempat istirahat, isi saldo uang elektronik yang cukup, mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara serta mengantisipasi titik-titik rawan kepadatan lalu lintas menuju Jakarta.

Informasi lalu lintas di seputar Jalan Tol Jasa Marga dapat diakses melalui Call Center 24 jam di nomor 14080.

Baca juga: Arus Balik Libur Panjang, 160.204 Kendaraan Telah Kembali ke Jakarta



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X