Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Minta Mahasiswa Tak Hanya Berlomba-lomba Mengumpulkan SKS...

Kompas.com - 02/11/2020, 19:26 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menginginkan agar mahasiswa di Indonesia untuk mengasah kemampuan untuk memasuki dunia kerja sejak di bangku kuliah.

Bendahara Negara itu mengatakan, mahasiswa tidak seharusnya hanya berlomba mengumpulkan satuan kredit semester (SKS) selama kuliah. SKS sendiri merupakan satuan beban studi pada mata kuliah yang dapat diambil oleh mahasiswa.

Sebab menurutnya, banyak mahasiswa yang mengambil banyak SKS selama masa sekolah meski mata kuliahnya tidak bersangkutan dengan dunia kerja kelak.

Baca juga: Sri Mulyani Minta PLN Gunakan PMN untuk Pengembangan Energi Terbarukan

"Kita ingin mahasiswa terekspose, tidak melulu berlomba-lomba memasukkan SKS no matter relevant or not SKSnya, dan ketika lulus mencari kerja ternyata tidak memadi," ujar dia ketika menjadi pembicara pada sesi Ministerial Talk pada Agenda Studium Generale penerima Beasiswa LPDP, Senin (2/11/2020).

Di sisi lain, Sri Mulyani mengatakan mutu dari dosen di perguruan tinggi juga perlu ditingkatkan.

Pasalnya, banyak orang yang ingin memasuki jenjang perguruan tinggi namun tidak mendapatkan kualitas pendidikan yang diharapkan.

"Apalagi yang diharapkan oleh industri," ujar Sri Mulyani.

Kesenjangan antara kebutuhan tenaga kerja di industri dengan kapasitas tenaga kerja lulusan perguruan tinggi di Indonesia menurut Sri Mulyani memang masih tinggi.

Pasalnya, banyak orang yang menilai sudah memiliki wawasan cukup yang didapatkan dari bangku kuliah, namun tidak sesuai dengan kesempatan kerja yang ada.

"Mas Menteri (Menteri Pendidikan Nadiem Makarim) pun punya ide untuk pendidikan kita makin bisa dimerdekakan. Dan dia percaya merdeka itu perlu interaksi atau exposure. Maka Anda tidak hanya belajar dari satu dosen di kelas, tapi Anda bisa belajar dari exposure. Saya juga percaya terhadap hal itu," ujar Sri Mulyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com