Sri Mulyani Minta Mahasiswa Tak Hanya Berlomba-lomba Mengumpulkan SKS...

Kompas.com - 02/11/2020, 19:26 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menginginkan agar mahasiswa di Indonesia untuk mengasah kemampuan untuk memasuki dunia kerja sejak di bangku kuliah.

Bendahara Negara itu mengatakan, mahasiswa tidak seharusnya hanya berlomba mengumpulkan satuan kredit semester (SKS) selama kuliah. SKS sendiri merupakan satuan beban studi pada mata kuliah yang dapat diambil oleh mahasiswa.

Sebab menurutnya, banyak mahasiswa yang mengambil banyak SKS selama masa sekolah meski mata kuliahnya tidak bersangkutan dengan dunia kerja kelak.

Baca juga: Sri Mulyani Minta PLN Gunakan PMN untuk Pengembangan Energi Terbarukan

"Kita ingin mahasiswa terekspose, tidak melulu berlomba-lomba memasukkan SKS no matter relevant or not SKSnya, dan ketika lulus mencari kerja ternyata tidak memadi," ujar dia ketika menjadi pembicara pada sesi Ministerial Talk pada Agenda Studium Generale penerima Beasiswa LPDP, Senin (2/11/2020).

Di sisi lain, Sri Mulyani mengatakan mutu dari dosen di perguruan tinggi juga perlu ditingkatkan.

Pasalnya, banyak orang yang ingin memasuki jenjang perguruan tinggi namun tidak mendapatkan kualitas pendidikan yang diharapkan.

"Apalagi yang diharapkan oleh industri," ujar Sri Mulyani.

Kesenjangan antara kebutuhan tenaga kerja di industri dengan kapasitas tenaga kerja lulusan perguruan tinggi di Indonesia menurut Sri Mulyani memang masih tinggi.

Pasalnya, banyak orang yang menilai sudah memiliki wawasan cukup yang didapatkan dari bangku kuliah, namun tidak sesuai dengan kesempatan kerja yang ada.

"Mas Menteri (Menteri Pendidikan Nadiem Makarim) pun punya ide untuk pendidikan kita makin bisa dimerdekakan. Dan dia percaya merdeka itu perlu interaksi atau exposure. Maka Anda tidak hanya belajar dari satu dosen di kelas, tapi Anda bisa belajar dari exposure. Saya juga percaya terhadap hal itu," ujar Sri Mulyani.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X