Kenali 5 Kesalahan dalam Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Kompas.com - 03/11/2020, 06:06 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Membicarakan persiapan pendidikan anak, tentunya sudah menjadi tujuan utama orang tua untuk anak-anak mereka. Pendidikan menjadi hal terpenting sebagai bentuk warisan ilmu yang selalu bermanfaat bagi putra-putrinya.

Oleh karena itu, tak jarang jika para orang tua mulai mempersiapkan pendidikan anak sejak dini, bahkan juga berpikir menyekolahkan anak di luar negeri. Namun, bersamaan dengan itu, para orang tua biasanya sudah kehilangan rasa percaya diri menyekolahkan anaknya ke luar negeri.

Padahal, jika disiapkan secara matang sejak dini, menyekolahkan anak di luar negeri tidak sesulit yang dibayangkan.

Baca juga: Siapkan Dana Pendidikan Anak dalam Setahun, Perhatikan 5 Hal Ini

Bersamaan dengan itu, kita juga harus mengenali berbagai kesalahan yang sering dilakukan orang tua dalam mempersiapkan dana pendidikan anak.

Untuk menghindari dan belajar dari kesalahan, berikut akan dijelaskan berbagai kesalahan orang tua dalam mempersiapkan dana pendidikan anak.

1. Tidak melakukan survei

Kesalahan pertama yang sering dilakukan orang tua adalah tidak melakukan survei sekolah terlebih dahulu.

Banyak orang tua yang kurang peduli dengan tujuan kampus anaknya, sehingga mereka menyerahkan pilihannya pada anak mereka. Padahal, orang tua harus ikut andil dalam menentukan tujuan kampus dengan melakukan survei.

Hal ini berguna untuk mengetahui kualitas calon kampus untuk anak. Selain itu, kita jadi mengetahui berapa jumlah dana dan butuh berapa lama yang harus dipersiapkan.

2. Tidak menghitung biaya

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X