Pemilu AS Dinilai Tak Signifikan Pengaruhi Kerja Sama Dagang Indonesia

Kompas.com - 03/11/2020, 10:53 WIB
Calon Presiden Partai Demokrat Joe Biden dan Calon Presiden Partai Republik Donald Trump AFP/MANDEL NGAN AND JIM WATSONCalon Presiden Partai Demokrat Joe Biden dan Calon Presiden Partai Republik Donald Trump

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) dinilai tidak akan berpengaruh signifikan terhadap kesepakatan dagang dan investasi antara Indonesia dengan Negeri Paman Sam itu.

Hal tersebut diyakini Duta Besar Republik Indonesia untuk AS Muhammad Lutfi.

Menurut dia, siapa pun yang akan terpilih menjadi presiden AS selanjutnya, kerja sama antarkedua negara akan tetap berjalan baik.

Baca juga: GSP Diperpanjang, Indonesia Targetkan Peningkatan Status Perdagangan dengan AS

Seperti diketahui, pada hari ini, Selasa (3/11/2020) Amerika Serikat (AS) tengah menjalani Pilpres antara petahana Donald John Trump dari Partai Republik dan Joseph Robinette Biden dari Partai Demokrat.

"Jadi saya merasa yakin, siapa pun presiden AS yang terpilih, dan saya akan berusaha sekuat tenaga memastikan bahwa dengan tingginya perdagangan akan mendatangkan investasi," ujar Lutfi dalam konferensi pers secara virtual, Senin (2/11/2020) malam.

Luthfi mengatakan, pada dasarnya, Indonesia dan AS memiliki kesamaan norma dan nilai dalam kehidupan bernegara, yakni memiliki prinsip demokrasi terbuka, memberikan rakyat kebebasan untuk mengemukakan pendapat dan kebebasan untuk memilih, serta menjunjung tinggi hukum.

Sehingga diyakini kedua negara akan tetap menjalin kerja sama yang baik.

Di sisi lain, memang di bawah kepemimpinan Trump sudah menunjukkan banyak sekali terobosan yang dilakukan terhadap kerja sama dengan Indonesia, khususnya dalam hal ekspor-impor.

Tentu kebijakan pesaingnya, Joe Biden, baru akan terlihat jika terpilih sebagai presiden AS.

Namun Lutfi memastikan, baik itu Trump atau Biden yang bakal terpilih memimpin AS, pihaknya akan mendorong kerja sama perdagangan dan investasi kedua negara tetap terjaga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X