Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 3 Unit Baru, Kini Indonesia Punya 9 SPBKLU

Kompas.com - 03/11/2020, 14:19 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan operasional 3 pangkalan pengisian daya motor listrik atau Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Dengan beroperasinya tiga SPBKLU di lokasi berbeda itu, kini Indonesia memiliki 9 unit SPBKLU.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, operasional SPBKLU ini merupakan komitmen pemerintah dalam mendukung prgram percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2019.

Baca juga: Pemerintah Mau Bikin 180 Charging Station Kendaraan Listrik

Dalam melaksanakan salah satu ketentuan Perpres tersebut, Kementerian ESDM telah mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai.

"Melalui SPBKLU, pengendaraan kendaraan bermotor atau dalam hal ini sepeda motor listrik dapat menukar baterai yang lama dengan baterai yang sudah terisi dari rak penyimpanan, dan hanya membutuhan waktu penukaran skeitar 3 menit," ujar Rida dalam video conference, Selasa (3/11/2020).

Lebih lanjut, Rida menjabarkan, 9 SPBKLU yang telah beroperasi saat ini tersebar di Jakarta Selatan, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Rinciannya, 6 unit terletak di Jakarta Selatan, 1 unit di Kota Tangerang, dan 2 unit di Kota Tangerang Selatan.

"Sesuai dengan roadmap SPBKLU, maka di tahun 2025 nanti ditargetkan akan tersedia 10 ribu unit SPBKLU. Dan pada tahun 2030 kita berharap akan tersedia 15.625 unit SPBKLU," tutur Rida.

Sebagai informasi, ketiga SPBKLU yang baru beroperasi berada di Kantor PLN UP 3 Cikokol, Tangerang yang dioperasikan oleh Grab Indonesia dan Kymco.

Baca juga: OJK Beri Insentif Bank yang Salurkan Pendanaan ke Kendaraan Listrik

Lalu di Alfamart Gandaria 3 Jalan Jatayu, Kebayoran Lama, Jakarta oleh Oyika.

Dan terakhir di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Jalan Rasuna Said, Jakarta oleh Ezyfast dan Oyika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com