KILAS

Maksimalkan Potensi Pertanian Malaka, Kementan Salurkan Bantuan Alsintan ke Petani

Kompas.com - 03/11/2020, 18:24 WIB
Ilustrasi alat mesin pertanian (Alsintan). DOK. Humas Kementerian PertanianIlustrasi alat mesin pertanian (Alsintan).

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung petani di Malaka, Nusa Tenggara Timur dengan memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk empat kelompok tani.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, bantuan alsintan diberikan untuk memaksimalkan potensi pertanian di Malaka.

“Salah satu program Kementan adalah meningkatkan produktivitas pertanian yang dampaknya dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” ungkapnya, Selasa (3/11/2020).

Menurutnya, dukungan untuk peningkatan produksi bisa dilakukan dengan memaksimalkan alsintan. Oleh karena itu, bantuan alsintan diberikan buat petani.

Adapun, bantuan diberikan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan.

Baca juga: Dukung Pertanian Modern, Kementan Salurkan Bantuan Alsintan ke Petani

Bantuan tersebut berupa traktor tangan (hand tractor) dan mesin semprot hama (hand sprayer). Sementara itu, empat kelompok tani yang menerima bantuan ini, yaitu Etu Wain, Manuhare, Sinar Au Mutin, dan Karya Maju.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Jenderal (Dirjen) PSP Kementan Sarwo Edhy menambahkan, alsintan bisa mendukung aktivitas pertanian dari hulu sampai hilir.

Alsintan sangat membantu petani untuk menjalani aktivitas, dari olah tanah dengan menggunakan traktor, menanam dengan transplanter, panen dengan combine harvester, bahkan hingga packaging. Semua bisa didukung alsintan,” tuturnya.

Sarwo juga menegaskan, alsintan bisa mendukung peningkatan produktivitas pertanian.

“Dengan alsintan, losses bisa ditekan. Selain itu proses pertanian menjadi jauh lebih cepat dan efisien. Faktor-faktor ini yang bisa mendukung peningkatan produksi,” katanya seperti keterangan tertulis yang dterima Kompas.com.

Baca juga: Percepat Tanam, Kementan Lakukan RJIT di Kabupaten Sukabumi

Adapun, daerah Malaka memiliki komoditi unggulan berupa tanaman padi, jagung, dan ubi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2019, total produksi padi di seluruh Kecamatan di Malaka hingga tahun 2018 mencapai angka 40,962.01 ton.

Malaka juga memanen jagung seluas 26,066 hektar, memproduksi ubi kayu sebanyak 59,428.55 ton, dan ubi jalar sebesar 14,249.6 ton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.