Pegadaian Laporkan Ratusan Akun Instagram Palsu yang Menipu Atas Nama Perseroan

Kompas.com - 03/11/2020, 18:42 WIB
Unggahan dari PT Pegadaian soal waspada modus penipuan lelang online. InstagramUnggahan dari PT Pegadaian soal waspada modus penipuan lelang online.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian (Persero) melakukan proses hukum kepada pemilik akun palsu yang mengatasnamakan Pegadaian yang digunakan untuk melakukan tindak penipuan.

Sekretaris Pegadaian Amoeng menyebutkan bahwa perseroan melaporkan lebih dari 400 akun Instagram yang mengatasnamakan Pegadaian.

“Akun-akun Instagram tersebut menggunakan kata Pegadaian, Pegadaian Syariah, The Gade sehingga seolah-olah merupakan akun milik PT Pegadaian (Persero)," ujar Amoeng melalui keterangan tertulis, Selasa (3/11/2020).

Baca juga: 4 Cara Menghindari Penipuan Lelang Online atas Nama Pegadaian

Lebih lanjut Amoeng menjelaskan, akun IG Pegadaian fiktif ini menyakinkan para calon korbannya dengan cara mengambil foto karyawan dan memanipulasi data KTP, NPWP, bahkan kartu pengenal karyawan (ID Card).

Lebih dari itu, mereka membuat rekening bank virtual dengan nama Pegadaian.

Selanjutnya, mereka menawarkan barang berharga seperti emas berupa batangan maupun perhiasan dengan harga murah jauh di bawah harga pasar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, juga menawarkan barang berharga lain seperti laptop, gawai, bahkan sepeda dengan merek ternama.

Kemudian, calon korban diminta mentransfer uang, tetapi kemudian barang yang dipesan tidak dikirimkan.

Bahkan, setelah transfer diterima pelaku, selanjutnya ia menutup akun media sosialnya serta nomor rekening yang dipakai untuk menipu.

Sementara itu, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jakarta Sarjono Turin mengatakan bahwa saat ini salah satu pelaku berinisial SRD akan segera disidangkan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

“Berkas perkara saudara SRD telah rampung dan akan segera disidangkan dalam waktu dekat. Langkah hukum ini diambil karena apa yang dilakukan saudara SRD ini merugikan masyarakat, apalagi dalam situasi pandemi seperti sekarang ini. Saat masyarakat menghadapi kesulitan ekonomi, oknum ini malah menipu,” ujar Sarjono.

Baca juga: Rincian Terbaru Harga Emas Batangan 0,5 Gram hingga 1 Kg di Pegadaian

Selanjutnya, Sarjono mengingatkan masyarakat untuk waspada dan tidak mudah tergiur dengan harga murah.

Jika memperoleh informasi lelang atas nama Pegadaian agar segera melakukan cek terlebih dahulu dengan mengonfirmasi ke Kantor Pegadaian terdekat, website atau media sosial resmi perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.