Kompas.com - 04/11/2020, 07:03 WIB
Hary Tanoesoedibjo, Chairul Tanjung KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG/HILDA B. ALEXANDERHary Tanoesoedibjo, Chairul Tanjung

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada semacam pemeo di kalangan miliarder papan atas. Belum lengkap rasanya masuk deretan orang terkaya jika belum memiliki bank.

Bisnis besar tanpa bank bisa dianggap kurang afdal bagi beberapa orang terkaya. Ini sangat masuk akal mengingat fungsi bank sangat berperan vital dalam perputaran uang yang dihasilkan dari konglomerasi bisnisnya.

Berikut ini lima miliarder pemilik bank swasta di Indonesia:

1. Chairul Tanjung (Bank Mega)

Chairul Tanjung atau yang lebih dikenal dengan CT merupakan pemilik dari CT Corp. Perusahaan ini bergerak di berbagai sektor antara lain media, ritel, asuransi, properti, kafe, perkebunan kelapa sawit, jasa keamanan, perhotelan, hingga maskapai penerbangan.

Baca juga: 5 Orang Paling Tajir di Indonesia Berkat Sawit

Selain pengusaha, CT juga merupakan mantan birokrat. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menggantikan posisi Hatta Rajasa di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam bisnis perbankan, CT memiliki Bank Mega. Bank tersebut menjadi sumber dana sekaligus penampung dana dari perputaran uang bisnis CT Corp. Itu sebabnya, banyak perusahaan di bawah CT Corp saling memiliki keterkaitan dengan Bank Mega.

2. Hartono bersaudara (Bank BCA)

Hartono bersaudara adalah pemegang saham mayoritas di Bank BCA. Di bank swasta terbesar Indonesia itu, kepemilikannya diwakili oleh PT Dwimuria Investama Andalan dengan porsi saham sebesar 54,94 persen di BCA.

Saham PT Dwimuria Investama Andalan masing-masing dimiliki Robert Hartono sebesar 51 persen dan Bambang Hartono sebesar 49 persen.

Baca juga: Mengapa Dinar Kuwait Jadi Mata Uang Paling Mahal di Dunia?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.