Survei APPI: Selama Pandemi, Alat-alat Olahraga Paling Banyak DIburu Konsumen

Kompas.com - 04/11/2020, 17:22 WIB
Ilustrasi olahraga di rumah ShutterstockIlustrasi olahraga di rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Forum Komunikasi Daerah (FKD) Makassar Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Ilham Syam mengatakan, selama pandemi Covid-19, masyarakat lebih tertarik menggelontorkan uangnya untuk membeli peralatan olahraga.

Kemudian, disusul transaksi berbelanja ke supermarket. Hal ini berdasarkan data APPI per Juli 2020.

"Ada transaksi yang berdampak terhadap ekonomi, yang paling cukup signifikan adalah peralatan olahraga kurang lebih 83,4 persen. Transaksi ke supermarket itu 66,8 persen," ucap Ilham melalui daring, Rabu (4/11/2020).

Baca juga: Survei APPI: Wanita Lebih Aktif Berbelanja Online Selama Pandemi Covid-19

Sementara transaksi pengeluaran dari masyarakat paling minim adalah kategori wisata.

"Yang paling minus 30 persen itu di tourism karena dampak dari pandemi Covid-19," kata Ilham.

Sedangkan pada Januari 2020, survei menunjukkan masyarakat cenderung membeli barang kategori fashion dan alat kecantikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Disusul pembelian barang elektronik, makanan, mebel, dan mainan atau hobi.

"Kemudian jumlah yang dihabiskan atau pengeluaran secara komersial berdasarkan kategori ini, kebanyakan fesyen Rp 4,9 miliar, elektronik Rp 4,7 miliar, makanan dan perawatan pribadi Rp 3,17 miliar, furnitur Rp 2,91 miliar, mainan atau hobi Rp 3,16 miliar, akomodasi atau perjalanan Rp 13,0 miliar, kemudian game itu Rp 937 juta," ujar Ilham.

Lebih lanjut, kata Ilham, untuk metode transaksi terbanyak selama pandemi, rata-rata masyarakat banyak memanfaatkan dompet digital.

"Mungkin bisa dilihat beberapa transaksi alami penurunan dan peningkatan. Masalah digital payment, online payment mengalami peningkatan," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.