Disetujui Pemprov DKI, Kapasitas Penonton CGV Naik Jadi 50 Persen

Kompas.com - 04/11/2020, 19:39 WIB
Pengunjung menyaksikan film yang di putar di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (21/10/2020). CGV Indonesia kembali mengoperasikan bioskopnya di Jakarta mulai Rabu (21/10/2020) hari ini dengan menampung kapasitas di dalam bioskop maksimal 25 persen. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPengunjung menyaksikan film yang di putar di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (21/10/2020). CGV Indonesia kembali mengoperasikan bioskopnya di Jakarta mulai Rabu (21/10/2020) hari ini dengan menampung kapasitas di dalam bioskop maksimal 25 persen.

JAKARTA, KOMPAS.com - CGV Indonesia telah mendapatkan persetujuan teknis dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk penambahan kapasitas di ruang auditorium bioskop dari 25 persen menjadi 50 persen.

"Persetujuan teknis tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta tertanggal 3 November 2020," ujar Public Relations Manager CGV Indonesia Hariman Chalid dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (4/11/2020).

Hariman mengatakan, dalam SK tersebut juga dijelaskan bahwa penambahan kapasitas penonton di ruang auditorium tetap harus mematuhi standar pencegahan penyebaran Covid-19, sebagaimana tercantum pada Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 259 Tahun 2020. 

Baca juga: Bioskop Buka Saat PSBB Transisi, Pengusaha Bakal Rekrut Pegawai yang Dirumahkan

Persetujuan teknis ini berlaku selama masa PSBB transisi dan dapat ditinjau kembali apabila terjadi perubahan status PSBB transisi, atau kondisi penyebaran Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta belum kondusif.

Hariman menjelaskan, CGV mengajukan penambahan kapasitas penonton tersebut pada 27 Oktober 2020 ke Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta.

Pengajuan tersebut kemudian ditindaklanjuti pihak dinas dengan mengundang CGV ke kantor Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif untuk memaparkan dokumentasi protokol kesehatan yang telah dijalankan di bioskop dan hasil evaluasi setelah sepekan bioskop kembali beroperasi.

"Pemaparan tersebut dilakukan di hadapan tim teknis Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Dinas Kesehatan dan Dinas Komunikasi dan Informatika pada Selasa siang," jelasnya.

Adapun hingga 4 November 2020, CGV telah membuka empat bioskopnya di Jakarta. Terdiri dari CGV Grand Indonesia sebanyak 11 layar, CGV AEON Mall Jakarta Garden City 9 layar, CGV Transmart Cempaka Putih 5 layar, dan CGV Green Pramuka Mall 4 layar.

"Dan kami akan akan membuka tujuh bioskop lainnya di Ibu kota secara bertahap," ungkap Hariman.

Baca juga: Kapasitas Bioskop Hanya 25 Persen pada PSBB Transisi, Ini Respons Pengusaha

Hariman memastikan, CGV telah menyiapkan sejumlah protokol kesehatan sesuai dengan panduan Kementrian Kesehatan dan Pemprov DKI Jakarta, serta akan menerapkannya dengan ketat.

Di antaranya pengecekan suhu tubuh, wajib memakai masker di seluruh area bioskop, mengurangi kapasitas tempat duduk untuk menjaga jarak, menerapkan prosedur kebersihan dengan cairan disinfektan, hingga menerapkan kebijakan pembatasan usia pengunjung hanya yang berusia 12-60 tahun.

"Pembukaan kembali bioskop diharapkan juga bisa mengairahkan kembali aktivitas rumah produksi (production house) dalam memproduksi film-film nasional, dan membantu memulihkan ekonomi di sektor industri kreatif khususnya perfilman," tutup Hariman.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X