Jika Donald Trump Kalah, Bagaimana Dampaknya ke RI ?

Kompas.com - 05/11/2020, 08:55 WIB
Warga Amerika Serikat menyaksikan hasil pemilihan presiden (pilpres) 2020 yang sejauh ini belum diketahui pemenangnya dan sangat ketat AFPWarga Amerika Serikat menyaksikan hasil pemilihan presiden (pilpres) 2020 yang sejauh ini belum diketahui pemenangnya dan sangat ketat

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemilihan presiden AS saat ini sedang memasuki tahapan penghitungan suara. Meskipun Joe Biden lebih unggul dalam perolehan suara sementara, namun masih terbuka peluang bagi Trump untuk memenangkan pertaruhan ini.

Lalu, bagaimana dampaknya ke RI ?

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, kekalahan Trump mungkin bisa mendorong kembali geliat ekspor, setelah sebelumnya ekspor Indonesia turun akibat perang dagang berkepanjangan antara AS dan China.

Baca juga: Faisal Basri: Indonesia Lebih Diuntungkan jika Trump Kembali Terpilih...

“Karena saat perang dagang (masa pemerintahan Trump) ekspor Indonesia cenderung melemah, apalagi kebijakan Biden tidak berantakan,” kata Hans kepada Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

Di sisi lain, salah satu konglomerat Indonesia Hary Tanoesudibjo yang merupakan bos MNC Grup memiliki kedekatan dengan Trump. Dengan kerja sama keduanya, ada potensi saham-saham MNC Group mungkin bisa rontok jika Trump kalah, namun dampaknya tidak besar.

Baca juga: RI Perlu Cermati 4 Risiko Global, dari Resesi hingga Perang Dagang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“MNC Group memang memiliki kerja sama dengan Trump, tapi saya pikir enggak terlalu berpengaruh juga ya, kalaupun Trump kalah, pelemahan saham MNC hanya sementara,” ujar dia.

Namun demikian, kemenangan Biden juga dikhawatirkan akan menambah beban pajak, terutama pajak korporasi di AS. Ini tentunya merupakan kabar yang tidak terlalu menyenangkan bagi investor.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X