Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Donald Trump Kalah, Bagaimana Dampaknya ke RI ?

Kompas.com - 05/11/2020, 08:55 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemilihan presiden AS saat ini sedang memasuki tahapan penghitungan suara. Meskipun Joe Biden lebih unggul dalam perolehan suara sementara, namun masih terbuka peluang bagi Trump untuk memenangkan pertaruhan ini.

Lalu, bagaimana dampaknya ke RI ?

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, kekalahan Trump mungkin bisa mendorong kembali geliat ekspor, setelah sebelumnya ekspor Indonesia turun akibat perang dagang berkepanjangan antara AS dan China.

Baca juga: Faisal Basri: Indonesia Lebih Diuntungkan jika Trump Kembali Terpilih...

“Karena saat perang dagang (masa pemerintahan Trump) ekspor Indonesia cenderung melemah, apalagi kebijakan Biden tidak berantakan,” kata Hans kepada Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

Di sisi lain, salah satu konglomerat Indonesia Hary Tanoesudibjo yang merupakan bos MNC Grup memiliki kedekatan dengan Trump. Dengan kerja sama keduanya, ada potensi saham-saham MNC Group mungkin bisa rontok jika Trump kalah, namun dampaknya tidak besar.

Baca juga: RI Perlu Cermati 4 Risiko Global, dari Resesi hingga Perang Dagang

“MNC Group memang memiliki kerja sama dengan Trump, tapi saya pikir enggak terlalu berpengaruh juga ya, kalaupun Trump kalah, pelemahan saham MNC hanya sementara,” ujar dia.

Namun demikian, kemenangan Biden juga dikhawatirkan akan menambah beban pajak, terutama pajak korporasi di AS. Ini tentunya merupakan kabar yang tidak terlalu menyenangkan bagi investor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com