KILAS

Kemnaker Harap Peningkatan Kualitas SDM Perhotelan Bisa Kurangi Kontraksi Ekonomi di Manado

Kompas.com - 05/11/2020, 10:25 WIB
Dirjen Binalattas Kemnaker Budi Hartawan saat bertemu peserta pelatihan hybrid learning system di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (3/11/2020).
DOK. Humas KemnakerDirjen Binalattas Kemnaker Budi Hartawan saat bertemu peserta pelatihan hybrid learning system di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (3/11/2020).

KOMPAS.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Budi Hartawan berharap kontraksi ekonomi akibat Covid-19 di Kota Manado bisa berkurang.

Salah satu caranya adalah dengan peningkatan sejumlah kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya pada bidang perhotelan .

Hal tersebut Budi sampaikan saat membuka pelatihan hybrid learning system (HyLS) atau metode kombinasi sistem pembelajaran tatap muka dan daring di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (3/11/2020).

Sebagai informasi, pelatihan HyLS di bidang perhotelan selama dua bulan itu dilaksanakan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan dengan menggandeng sejumlah tenaga kerja muda Sulawesi Utara (Sulut).

Baca juga: Tahun 2021, Kemnaker Siap Transformasi BLK dengan Program 4R

"Untuk meningkatkan akses pelatihan, peserta HyLS harus menerapkan kemajuan teknologi informasi, Selain itu, diperlukan pula dukungan dari industri untuk mendampingi proses pelatihan." kata Budi, seperti dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/11/2020).

Proses pendampingan, lanjut Budi, diperlukan untuk memastikan agar kompetensi sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Untuk diketahui, sebanyak 34 pemuda asal Sulut mengikuti dua paket pelatihan kejuruan Front Office dan Housekeeping secara terpisah di Manado.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BBPLK Medan, M. Ali menambahkan, program pelatihan yang dilaksanakan BBPLK ini adalah program pelatihan Room Attendant.

Baca juga: Kemnaker Sebut Baru 15 Daerah yang Putuskan Tidak Menaikkan UMP 2021

“Tujuan program ini untuk membekali peserta dengan aspek teoritis secara online dan pelatihan langsung”, ujar Ali, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Kamis (5/11/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga dan Transmigrasi Sulut, Erny B Tumundo memberikan apresiasi yang tinggi kepada BBPLK Medan karena memberikan kesempatan generasi muda Sulut untuk membantu pengembangan sektor pariwisata.

“Pengembangan yang dimaksud dari sisi tenaga kerja berkompeten di perhotelan yang sempat tersendat dengan adanya Covid-19,” kata Erny.

Senada dengan Erny, Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulut I Putu Anom Dharmaya turut memberikan pujian terhadap kinerja BBPLK yang memberi bukti membangun Indonesia, termasuk Sulut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X