Pemulihan Ekonomi, Mendag Gandeng Pengusaha Mal Dorong Penjualan UMKM

Kompas.com - 05/11/2020, 13:06 WIB
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam konferensi pers secara daring di Kantor Kementerian Perdagangan di Jakarta, Rabu (18/3/2020) DOK. Humas KemendagMenteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam konferensi pers secara daring di Kantor Kementerian Perdagangan di Jakarta, Rabu (18/3/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bekerja sama meningkatkan penjualan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) guna mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Keduanya menggelar pameran In Store Promotion di pusat perbelanjaan (mal) yang diharapkan bisa meningkatkan transaksi pada produk domestik.

"Tujuan penyelenggaraan In Store Promotion ini, untuk mendorong pelaku UMKM agar tetap eksis mempromosikan produknya, sekaligus sebagai upaya pemulihan ekonomi,” ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: Hadapi Resesi, Pemerintah Diminta Perluas Akses Pasar UMKM

Ia menjelaskan, pandemi Covid-19 sudah memasuki bulan ke-8 sejak pertama kali diumumkan di Indonesia. Sejak saat itu, Indonesia mengalami tantangan yang serius, bukan hanya dari segi kesehatan, namun juga dari segi ekonomi, terutama bagi para pelaku UMKM.

Pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pun telah mengubah pola konsumsi masyarakat, dari yang sebelumnya berbelanja secara offline menjadi online. Hal ini memberikan dampak yang signfikan bagi pusat perbelanjaan karena minat masyarakat untuk berbelanja menurun secara drastis.

Oleh sebab itu diperlukan upaya untuk menjaga pasar dan daya saing produk UMKM sehingga menarik minat masyarakat untuk kembali berbelanja. Ini sekaligus menjadi bagian dari gerakan bangga buatan Indonesia yang digaungkan pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sehinggga melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan daya saing produk UMKM dalam memasarkan produk dan meningkatkan jumlah pengunjung untuk menjaga keberlangsungan pusat perbelanjaan,” kata dia.

Adapun pameran produk UMKM tersebut dilaksanakan di Atrium Gandaria City Mall, Jakarta pada 4-8 November 2020. Pameran In Store Promotion menampilkan produk dari 55 pelaku UMKM pernak-pernik unik yang terpilih dari hasil kurasi Kemendag.

Ketua APPBI Alphonsus Widjaja menambahkan, pihaknya mengapresiasi langkah Kemendag dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi melalui UMKM dan pusat perbelanjaan. Ia memastikan, akan terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat di tengah pandemi agar kegiatan ekonomi di mal bisa tetap berjalan.

"APPBI selalu berkomitmen mendukung upaya Kemendag dalam memajukan UMKM Indonesia. Kami akan terus berkomitmen melaksanakan protokol kesehatan secara displin dan konsisten agar para pengunjung dapat berbelanja dengan sehat dan aman,” pungkasnya.

Baca juga: Mau Cairkan BLT UMKM Rp 2,4 Juta? Ingat Tak Boleh Diwakilkan Lho!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.