KILAS

Kuartal III 2020, Pendapatan Konsolidasi Telkom Capai Rp 99,94 Triliun

Kompas.com - 05/11/2020, 14:24 WIB
Fixed broadband triple play IndiHome memang akan menjadi salah satu lini bisnis andalan Telkom. DOK. TelkomFixed broadband triple play IndiHome memang akan menjadi salah satu lini bisnis andalan Telkom.

KOMPAS.com – Pada kuartal III 2020 yang berjalan di tengah pandemi Covid-19, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 99,94 triliun.

Earnings Before Interest Tax Depreciation Amortization (EBITDA) Telkom juga meningkat 7,1 persen menjadi Rp 53,59 triliun, dengan EBITDA margin yang menguat signifikan 4,9ppt menjadi 53,6 persen.

Laba bersih Telkom tumbuh pula sebesar 1,3 persen menjadi Rp 16,68 triliun, dengan margin laba bersih yang naik dari 16 persen menjadi 16,7 persen.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, pencapaian tersebut merupakan hasil dari kinerja yang baik, sehat, serta terfokus pada peningkatan layanan dan profitabilitas.

Baca juga: Laba Bersih Telkom Naik 1,3 Persen pada Kuartal III Tahun 2020

“Pencapaian ini tidak lepas dari kontribusi IndiHome yang menjadi salah satu mesin utama pertumbuhan pendapatan perseroan, selain bisnis mobile data yang tetap tumbuh baik. Hal ini sejalan dengan fokus perusahaan pada tiga domain bisnis digital yakni digital connectivity, digital platform, dan digital services,” kata Ririek, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Sebagai informasi, ke depannya layanan fixed broadband triple play IndiHome memang akan menjadi salah satu lini bisnis andalan Telkom. Sebab, kinerja yang tercatat menunjukan penguatan dari segi finansial maupun operasional.

Terbukti, hingga akhir kuartal III 2020, pelanggan IndiHome tumbuh 752.000. Angka tersebut membuat total pelanggan IndiHome mencapai lebih dari 7,76 juta. Akhir tahun ini, jumlah tersebut diharapkan naik menjadi 8 juta.

Dari sisi pendapatan, IndiHome juga menunjukkan pertumbuhan sebesar 17,1 persen atau Rp 16,1 triliun.

Baca juga: Dengan 3 Domain Bisnis Digital, Telkom Group Siap Hadapi Persaingan Dunia

Tak ketinggalan, Telkomsel yang merupakan entitas anak Telkom pada segmen bisnis mobile pun mencatat pertumbuhan bisnis digital yang baik, yaitu sebesar 10,6 persen menjadi Rp 47,66 triliun.

Dengan begitu, kontribusinya meningkat menjadi 73,2 persen dari total pendapatan Telkomsel.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X