Salurkan Pembiayaan ke UMKM, BRI Agro Gandeng Fintech Modal Rakyat

Kompas.com - 05/11/2020, 22:00 WIB
Ilustrasi UMKM shutterstock.comIlustrasi UMKM
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (BRI Agro) bekerja sama dengan Modal Rakyat sebagai perusahaan fintech P2P lending untuk menyalurkan pendanaan ke UMKM.

Direktur Utama BRI Agro Ebeneser Girsang mengatakan, kerja sama tersebut ditujukan sebagai langkah diversifikasi pembiayaan, mendukung UMKM di berbagai sektor bisnis.

“Sejalan dengan strategi perusahaan untuk melakukan kerjasama dengan pihak ketiga dalam rangka cross selling produk-produk BRI Agro, maka kami memilih Fintech/Peer2Peer Lending untuk mengembangkan bisnis selagi kami mempersiapkan model bisnis baru untuk menjadi digital attacker sesuai dengan aspirasi BRI Group," ujarnya mengutip siaran persnya, Kamis (5/11/2020).

Untuk tahap awal, lanjut dia, BRI Agro akan menyediakan dana sebesar Rp 50 miliar melalui penandatanganan kerja sama dengan Modal Rakyat. Pihaknya pun optimistis bahwa kerja sama ini akan memberikan kontribusi bagi para UMKM.

"Modal Rakyat memiliki kemampuan untuk menghadirkan kecepatan dan kemudahan dalam mengakses pinjaman kepada para pelaku UMKM, selain itu kerja sama ini dapat memperkuat ekosistem ekonomi digital yang sudah ada," ucap Ebeneser.

Baca juga: Gandeng Perusahaan Australia, PT PP Bangun IPAL di Palembang

Selain itu, dia juga menjelaskan, pembiayaan akan difokuskan bagi pelaku UMKM yang terdaftar di Modal Rakyat dengan maksimal penyaluran sebesar Rp 2 miliar per pinjaman.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Direktur Utama Modal Rakyat Hendoko mengatakan, dengan adanya dukungan dari BRI Agro bisa lebih meyakinkan pihaknya akan model bisnis Modal Rakyat sebagai aggregator modal kerja untuk para UMKM yang membutuhkan.

"Bersama dengan dukungan bank sebagai institusi keuangan yang lebih dewasa, niscaya mimpi Modal Rakyat membantu terwujudnya inklusi keuangan di Indonesia semakin cepat tercapai," kata dia.

Dia menambahkan, kolaborasi antara BRI Agro sejalan dengan visi Modal Rakyat untuk menjadi penyelenggara fintech P2P lending yang patuh dan berkelanjutan dalam memberikan kontribusi inklusi keuangan dan ekonomi secara nasional.

Pihaknya berharap dapat semakin memperbanyak kolaborasi baik dengan pemerintah maupun perusahaan atau lembaga swasta lainnya.

"Kami juga berharap dengan support pembiayaan dari BRI Agro ini, kami bisa terus meningkatkan porsi portofolio pembiayaan kami kepada para pelaku digital platform, seperti yang sudah kami tekuni selama 12 bulan terakhir," jelas dia.

Baca juga: Kuartal III 2020, Laba BRI Syariah Melonjak 237 Persen



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X