Menteri ESDM Lantik Guru Besar ITB Tutuka Ariadji Jadi Dirjen Migas

Kompas.com - 06/11/2020, 10:39 WIB
Menteri ESDM RI Arifin Tasrif, saat menjadi keynote speaker dalam Digital Indonesia International Geothermal Convention (DIGGC) 2020, Selasa (8/9/2020). DOK. Ditjen EBTKEMenteri ESDM RI Arifin Tasrif, saat menjadi keynote speaker dalam Digital Indonesia International Geothermal Convention (DIGGC) 2020, Selasa (8/9/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) Arifin Tasrif melantik dua orang pejabat pimpinan tinggi madya atau eselon 1 dan satu orang pejabat pimpinan tinggi pratama atau eselon 2 di lingkungan Kementerian ESDM.

Pejabat eselon 1 yang dilantik oleh Arifin ialah, Tutuka Ariadji, yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi ( Dirjen Migas).

Tutuka yang sebelumnya merupakan Guru Besar Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB), menempati posisi Dirjen Migas yang telah kosong selama satu tahun lebih.

Baca juga: Imbas Harga Minyak Rendah, Harta Orang Terkaya Asia Hangus Hingga Rp 93,6 Triliun

Posisi Dirjen Migas terakhir kali ditempati oleh Dwi Siswanto, sebelum akhirnya diberhentikan oleh Ignasius Jonan pada 2019. Setelah itu, posisi Dirjen Migas diisi oleh pelaksana tugas.

Selain Tutuka, Arifin juga memberhentikan FX Sutjiastoto sebagai Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE). Posisi tersebut kini ditempati oleh Dadan Kusdiana.

Dadan Kusdiana sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral.

Terakhir, Arifin melanting Maompang Harahap sebagai Inspektur I Kementerian ESDM. Sebelumnya, Maompang menjbaat sebagai Kepala Bagian Pemantauan dan Pengelolaan Hasil Pengawasan Kementerian ESDM.

Baca juga: Menteri ESDM Beberkan Upaya Capai Target Lifting 1 Juta Barel Minyak per Hari pada 2030



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X