KILAS

Kementan Lakukan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier di Kabupaten Pati, Begini Hasilnya

Kompas.com - 06/11/2020, 19:09 WIB
Ilustrasi irigasi Kementerian PUPRIlustrasi irigasi


KOMPAS.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) adalah bagian dari water management atau manejemen air.

"Kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pertanian," kata SYL, seperti dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/11/2020).

Menurut SYL, kegiatan RJIT diperlukan karena pertanian membutuhkan pasokan air yang mencukupi. RJIT juga dilakukan untuk membenahi dan memaksimalkan fungsi irigasi,” 

Baca juga: Kementan Tingkatkan Indeks Pertanaman di Bantul dengan RJIT

SYL mengatakan, RJIT tersebut telah dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) di Desa Sidimukti, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng).

"Kegiatan RJIT di daerah itu berdampak positif. Fungsi irigasi semakin maksimal. Bahkan, luas areal tanam pun bertambah," papar SYL.

Direktur Jendral (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy, mengatakan RJIT di daerah tersebut dikerjakan Kelompok Tani Maju Mukti.

“Kegiatan itu dilakukan karena petani mengeluhkan kondisi saluran irigasi yang berupa saluran tanah itu tidak bisa maksimal menyalurkan air," tuturnya.

Baca juga: Tingkatkan Indeks Pertanaman di Kabupaten Ciamis, Kementan Lakukan RJIT

Bahkan, menurut Edhy, saluran tersebut bisa kehilangan air sebelum sampai ke lahan persawahan Untuk mengatasi kondisi ini, maka dilakukan rehabilitasi irigasi lewat kegiatan RJIT.

"Irigasi dibuat menjadi saluran permanen menggunakan konstruksi pasangan batu dengan 2 sisi sepanjang 112 meter," ujarnya.

Dampak dari kegiatan tersebut, luas areal tanam pun semakin bertambah ini terjadi karena lahan yang bisa diairi semakain bertambah pula

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X