Pandemi Covid-19, Pertemuan Tahunan Bank Dunia dan IMF 2021 Ditunda Setahun

Kompas.com - 07/11/2020, 07:12 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) mengumumkan, pertemuan tahunan yang dijadwalkan berlangsung di Maroko pada Oktober 2021, akan ditunda selama 12 bulan. 

Penundaan tersebut menurut pernyataan bersama  Kamis (6/11/2020) waktu setempat, sebagai dampak pandemi Covid-19.

Pertemuan Tahunan Grup Bank Dunia-IMF biasanya diadakan selama dua tahun berturut-turut di kantor pusat dua lembaga multilateral di Washington D.C. dan setiap tahun ketiga di negara anggota lain.

Baca juga: Bank Dunia Sebut UU Cipta Kerja Dukung Pemulihan Ekonomi RI

Pertemuan tahunan biasanya menghadirkan ribuan pejabat pemerintah, pelaku bisnis, jurnalis, dan perwakilan lainnya dari seluruh dunia untuk membahas masalah-masalah yang menjadi perhatian global, termasuk prospek ekonomi dunia, stabilitas keuangan global, pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan penciptaan lapangan kerja, perubahan iklim, dan lain-lain.

Pada April, kedua pemberi pinjaman multilateral telah menyelenggarakan Pertemuan Musim Semi IMF-Bank Dunia 2020 dalam format virtual. Pada Oktober, mereka juga mengadakan pertemuan tahunan dalam format virtual.

Kasus Covid-19 global melampaui 48,4 juta pada Kamis (5/11/2020) sore, dengan total kematian lebih dari 1,2 juta, menurut sistem pelacakan real time yang dikembangkan oleh Universitas Johns Hopkins.

Sementara di Maroko, negara tuan rumah pertemuan tersebut, kasus Covid-19 mencapia 235.310 dan kematian 3.982.

Baca juga: IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jadi Minus 1,5 Persen



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X