KILAS

Genjot Produktivitas 50 Poktan di Luwu Utara, Kementan Kirim Alsintan

Kompas.com - 07/11/2020, 16:54 WIB
Ilustrasi kegiatan pertanian SHUTTERSTOCK/Thammachak SotiyaIlustrasi kegiatan pertanian
|

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian memberikan bantuan alat mesin pertanian ( alsintan) berupa hand tractor kepada 50 kelompok petani (poktan) di 17 kecamatan di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Menteri Pertanian ( Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) berharap alsintan tersebut dapat membantu seluruh kegiatan pertanian dan meningkatkan produktivitas di wilayah itu, mulai dari proses tanam, panen, hingga pengelolaan hasil panen.

SYL juga meminta Brigade Alsintan untuk mengelola alsintan. Pasalnya, pengelolaan secara pribadi dinilai kurang efisien.

“Selain memberikan pendapatan, alsintan juga bakal lebih terawat dan siapa pun bisa menggunakannya,” kata SYL dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (7/11/2020).

Baca juga: Kebal Corona, Sektor Pertanian Tetap Tumbuh Positif

Di sisi lain, Direktur Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy menjelaskan, selain ke Brigade Alsintan, petani juga dapat melakukan sewa pinjam alsintan yang dikelola Usaha Pengelolaan Jasa Alsintan (UPJA) dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) di wilayah masing-masing.

Pada saat bersamaan, masyarakat di Desa Laloa Kecamatan Larompong Selatan juga mendapat bantuan berupa satu unit mesin pompa air dari Bupati Luwu Basmin Mattayang. Penyerahan bantuan diwakili Kepala Desa Laloa Andi Hajar.

“Salah satu visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu adalah meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan petani sehingga berbagai upaya dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Di antaranya adalah meningkatkan sinergitas dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat," kata Basmin.

Baca juga: Maksimalkan Potensi Pertanian Malaka, Kementan Salurkan Bantuan Alsintan ke Petani

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Luwu Albaruddin A Picunang melaporkan, pada periode tanam April hingga September 2020, luas lahan pertanian yang berhasil ditanami mencapai 32.408 hektare.

“Selanjutnya akan dílakukan percepatan tanam untuk periode Oktober-Maret. Semoga Pemerintah Kabupaten Luwu terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana pertanian," tutur Albaruddin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X