Marak Uang Raib di Bank, Ini 3 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Antisipasi

Kompas.com - 08/11/2020, 13:45 WIB
Ilustrasi bank Thinkstockphotos.comIlustrasi bank

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus raibnya uang nasabah yang disimpan di perbankan bukan sekali terjadi. Teranyar, atlet e-sport atau gamers Winda Earl mengalami kejadian serupa di salah satu bank.

Tentu, masalah ini sangat menyesakkan lantaran tabungan yang hilang terjadi bukan karena kelalaian kita atau pembobolan dari orang lain, melainkan petugas bank itu sendiri.

Meski pihak bank pasti menjunjung tinggi keamanan dana dan menjaga kepercayaan nasabahnya, bukan tidak mungkin pembobolan atas oknum bank tidak bisa terjadi.

Baca juga: Daftar BUMN yang Akan Disuntik Uang Rakyat Rp 42,38 Triliun

"Mereka sendiri tidak bisa memastikan 100 persen tidak ada pegawainya yang nakal dan menjadi oknum, dan kita sendiri juga tidak bisa menghindari pembobolan tersebut para oknum bisa mengakses dengan segala cara," kata Perencana Keuangan Andi Nugroho kepada Kompas.com, Minggu (8/11/2020).

Namun, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir pembobolan atas akun kita. Cara-cara tersebut antara lain.

1. Jaga kerahasiaan PIN

PIN menjadi salah satu cara mencegah pembobolan yang paling krusial. Pihak bank kerap mengimbau nasabahnya untuk tidak membagikan PIN ATM kepada siapapun, bahkan orang terdekatmu sekalipun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, PIN dilarang kamu sebutkan kepada pihak bank sekalipun.

"Jangan pernah membagikan PIN ATM/user ID, password, dan PIN transaksi mobile banking/internet banking ke sembarang orang, meskipun mengaku dari pihak bank," ucap Andi.

2. Cek saldo secara berkala

Bagi kamu pemilik rekening tabungan, usahakan untuk mengecek saldo secara berkala. Caranya bisa dilakukan dengan print buku tabunganmu atau cek saldo, paling tidak sebulan sekali.

Baca juga: Pengusaha Ritel Mengeluh Tak Bisa Akses Pinjaman Murah di Bank

Dengan begitu, aktifitas mencurigakan atau hal janggal lainnya di rekeningmu bisa segera diketahui dan melaporkannya baik ke pihak bank maupun kepolisian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X