Joe Biden Jadi Presiden AS, Bagaimana Nasib Harga Minyak Dunia?

Kompas.com - 09/11/2020, 11:20 WIB
Ilustrasi minyak SHUTTERSTOCKIlustrasi minyak
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Joe Biden resmi terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46, setelah mengungguli Donald Trump dalam gelaran pemilu, dengan perolehan 290 suara elektoral.

Terpilihnya Biden sebagai orang nomor satu di AS tentu akan berpengaruh terhadap perubahan peta perekonomian dunia. Salah satunya adalah terkait pergerakan harga minyak dunia.

Dalam masa kampanye, Biden konsisten mengedepankan program pengurangan penggunaan energi fosil yang tidak ramah lingkungan.

Baca juga: Maybank Sewa Hotman Paris Hadapi Kasus Raibnya Tabungan Rp 20 Miliar

Hal tersebut pun tidak dipungkiri akan berpengaruh terhadap pergerakan minyak dunia yang masih sangat terpukul oleh pandemi Covid-19.

Namun demikian, Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan memproyeksikan, terpilihnya Joe Biden tidak akan menjadi sentimen utama penggerus harga minyak.

"Saya kira akan berdampak tapi tidak terlalu signifkan jika pun memperkeruh," katanya kepada Kompas.com, Senin (9/11/2020).

Menurutnya, pergerakan harga minyak utamanya dipengaruhi oleh pasokan dan juga permintaan. Kedua hal ini yang terus menggerus harga minyak.

"Kebijakan Biden untuk renewable energy juga saya kira butuh waktu implemnetasikannya," ujarnya.

Baca juga: Menaker Sebut Subsidi Gaji Disalurkan Hari Ini, Cek Rekening

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X