Simak, Ini Cara Kenali Akun Palsu Bank di Medsos

Kompas.com - 09/11/2020, 12:50 WIB
Ilustrasi media sosial (ipopba) KOMPAS.COM/Ilustrasi media sosial (ipopba)

JAKARTA, KOMPAS.com - Penipuan mengatasnamakan bank legal juga terjadi di media sosial. Mereka kerap membuat akun dengan username atau nama 99 persen mirip seperti akun aslinya.

Bahkan, akun-akun ini suka menghubungi Anda melalui pesan langsung (direct message/DM) atau mengikuti (follow) akun media sosial Anda ketika baru saja mem-follow akun resmi bank, seperti BCA.

Ya, mereka mengaku sebagai akun resmi dari bank tersebut.

Baca juga: Pegadaian Laporkan Ratusan Akun Instagram Palsu yang Menipu Atas Nama Perseroan

Lalu akun itu akan menawarkan diri sebagai pusat bantuan terkait produk-produk dan layanan BCA.

Tak lain, mereka mengincar data pribadi perbankan Anda, seperti nomor kartu kredit/debit, nomor rekening, atau PIN ATM dengan cara membuat akun HaloBCA palsu di medsos.

Mengutip website resmi BCA, Senin (9/11/2020), agar terhindar dari risiko penipuan, Anda bisa melakukan hal sebagai berikut: 

1. Periksa keaslian akun

Anda perlu memeriksa keaslian akun resmi perbankan.

Cara mengeceknya cukup mudah, karena biasanya bank akan menampilkan contact center dan akun resmi media sosialnya di website resmi BCA.

Anda juga bisa menghubungi call center bank untuk mengetahui akun asli dari bank tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X