Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Go Global, Sarinah Gandeng Perusahaan Swiss dan Meksiko

Kompas.com - 09/11/2020, 14:12 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarinah (Persero) menandatangani nota kesepahaman joint venture dengan Dufry dan Omega Mexico.

Dufri merupakan perusahaan terkemuka asal Swiss di bidang travel retail dengan lebih dari 2.400 gerai di 400 lokasi di dunia. Sedangkan Omega merupakan perusahaan industrialis asal Meksiko.

“Saya harap Sarinah juga dapat menitikberatkan pada kurasi dan seleksi produk UMKM dan Nusantara yang premium, kualitas dunia serta yang sesuai dengan minat dan selera pasar kategori produk-produk duty-free dunia,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangannya, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Kemenaker Sebut Jumlah Penerima Subsidi Gaji Berkurang, Ini Sebabnya

Erick meminta Sarinah meningkatkan kapasitas kelembagaan maupun sumber daya manusia (SDM) melalui proses scouting dan pembelajaran manajemen ritel dunia dari Dufry.

“Untuk tahap pertama saya targetkan setidaknya ada 10 produk unggulan Indonesia yang bisa dipasarkan melalui kerja sama ini dan nantinya diharapkan semakin terbuka lagi peluang produk lokal dan UMKM go global,” kata mantan bos Inter Milan itu.

Menurut Erick, kerja sama ini merupakan salah satu langkah strategis Sarinah bertransformasi dan berekspansi ke pasar global.

Dengan menggandeng mitra strategis seperti Dufry dan Omega grup, maka gerbang pasar riil dunia, khususnya di sektor ritel dan travel maupun leisure dapat peluang kepada produk UMKM masuk ke liga utama pemain dan pebisnis dunia.

Baca juga: Indonesia Membuat Pesawat Terbang Sendiri

Penandatanganan MoU ini juga diklaim bisa merumuskan beberapa peluang bisnis yang saling menguntungkan bagi perusahaan. Apalagi, Sarinah sebagai satu-satunya BUMN ritel dalam klaster pariwisata dan pendukung merintis pasar internasional dalam kerangka perdagangan multilateral.

Sarinah harus selalu membawa kepentingan nasional dan nation brand di manca negara. Model kerja sama seperti ini diarahkan untuk mewujudkan identitas bangsa yang kaya keberagaman ini melalui showcase atau memamerkan secara permanen di pasar-pasar ritel premium dunia.

Beberapa manfaat lain yang tertuang dalam nota kesepahamam ini adalah tersedianya Indonesian Corner dan House of Indonesia di berbagai gerai dan pusat perbelanjaan yang merupakan jejaring Dufry di dunia.

Baca juga: Kenali Ciri Penipuan OneKlik Abal-abal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com